kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Mengintip malam mingguan Jokowi di Makassar yang mantul


Minggu, 23 Desember 2018 / 09:34 WIB
Mengintip malam mingguan Jokowi di Makassar yang mantul
Presiden kunjungi pasar segar Makassar

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MAKASSAR.  Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo, Sabtu (22/12) malam, membuat heboh Pasar Segar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Mengenakan jaket hitam bertuliskan "Bulls Syndicate" di punggung serta celana jins biru, Jokowi berbaur bersama muda-mudi Kota Makassar di kawasan wisata kuliner dan industri kreatif tersebut dan menghabiskan malam minggu di sana.

Jokowi 'nongkrong' di depan gerai 'Fish and Friend'. Ia memesan secangkir kopi susu. Bersama sejumlah tim suksesnya, salah satunya Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir dan Abdul Kadir Karding, capres petahana itu menikmati sajian musik yang ditampilkan kelompok band setempat. Kaum muda di sana tampak antusias menyambut Jokowi.

Mereka berebut untuk sekadar menyapa, bersalaman dan memintanya untuk selfie. Jokowi melayaninya satu per satu. Beragam celetukan terlontar dari mulut anak-anak muda tersebut. Antara lain, "Pak, minta sepeda, Pak." Jokowi hanya membalasnya dengan seringai tawa.

Ada pula yang menyatakan dukungannya kepada Jokowi, "Pak, lanjutkan pembangunan di Indonesia Pak." Jokowi membalasnya dengan anggukkan kepala sambil mengucapkan, "ya, terima kasih."

Jokowi juga sempat mampir ke gerai industri kreatif Makassar. Ia membeli kaos dan kopi bubuk asli Sulsel. Jokowi tertarik pada produk olahan kayu, 'Kugappai". Ia melihat-lihat produk itu, mulai dari otoped dari kayu hingga radio yang juga terbuat dari kayu. "Kreatif banget ya," ujar Jokowi.

Jokowi membubuhkan tanda tangan di papan otoped kayu yang dipajang di gerai itu dengan spidol putih. "Kami bangga banget bisa mendapat tanda tangan Pak Jokowi di produk kami," ujar Victor Jonathan, perancang Kugappai.

Malam Minggu yang Mantab Betul

Kepada wartawan sebelum bertolak pulang, Jokowi mengatakan, sebenarnya ingin melepas lelah di kawasan itu. Menyeruput kopi bersama kawan-kawan sambil menikmati musik langsung. "Ya namanya juga malam minggu, tidak usah yang serius-serius," ujar Jokowi.

Diketahui, agenda Jokowi sepanjang Sabtu memang sangat padat. Tercatat, ia menghadiri delapan acara dalam satu hari itu. Mulai dari menghadiri Jambore Desa, bertemu relawan dan pendukung, makan siang di kediaman Jusuf Kalla, silaturahim dengan ulama dan sempat blusukan ke pusat perbelanjaan di Kota Makassar.

"Saya sekaligus ingin melihat Pasar Segar ini yang menjadi contoh pengembangan industri kreatif, kuliner dan fashion, khususnya kopi yang dihasilkan di kiri kanan Sulawesi Selatan.

Ini tempat anak muda di Makassar bertemu dan berkomunikasi. Saya melihat tempatnya sangat 'mantul', mantab betul," lanjut Jokowi. Baca juga: Jokowi Minta Desa Baca Peluang Pasar Jokowi mengungkapkan, cita-citanya di industri kreatif yakni tersambungnya ekosistem offline dan online.

Ia yakin apabila industri kreatif mengembangkan bisnis online, maka produk tersebut akan naik ke level yang lebih tinggi. Namun, Jokowi mengingatkan kepada pelaku industri kreatif soal pentingnya membangun kualitas produk terlebih dahulu.

"Misalnya packaging, membangun brand produk, inilah ekosistem offline yang harus diselesaikan ya. Nanti ekosistem online-nya tinggal disesuaikan," ujar Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mantul, Mantap Betul, Malam Mingguan Jokowi di Makassar..."

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×