kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendagri sebut tahapan Pemilu berjalan lancar, tanpa ada intervensi


Sabtu, 17 November 2018 / 13:24 WIB
Mendagri sebut tahapan Pemilu berjalan lancar, tanpa ada intervensi
ILUSTRASI. Mendagri Tjahjo Kumolo


Reporter: kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengapresisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari tingkat pusat hingga daerah. Maka dari itu, Tjahjo yakin Pemilu 2019 mampu menjamin demokrasi. 

"Kami jamin konsolidasi demokrasi kita memilih calon legislatif dan presiden sudah siap. Lembaga penyelenggara pemilu juga saling bersinergi mensukseskan konsolidasi ini dengan baik," kata Tjahjo saat memberikan pidato di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) kesiapan penyelenggara Pemilu serentak 2019 di Ecovention Ancol, Jakarta, Sabtu (17/11). 

Ia yakin, dengan pengalaman KPU dalam menyelenggarakan pemilu selama ini, beragam potensi masalah yang akan terjadi sudah teridentifikasi. Baca juga: KPU: Tak Punya E-KTP dan Suket, Tak akan Masuk DPT Pemilu 2019 "Hingga detik ini, semua tahapan sudah berjalan dengan baik tanpa intervensi apapun," ucap Tjahjo. 

Lebih jauh, Tjahjo mengungkapkan, soal adanya perseturuan dinamika politik yang ada, hal itu sudah diidentifikasi oleh KPU. "Kami ikut apa keputusan KPU. Kami juga menunggu dan mencermati persoalan yang berkaitan dengan Ketua DPD Bapak Oesman Sapta Odang (OSO)," papar Tjahjo. 

Kendati demikian, Tjahjo menambahkan, dinamika politik tersebut merupakan tahap-tahap yang sejatinya diperbaiki bersama-sama bersama lembaga pengadikan dan Pemilu. 
"Setidaknya peran pemerintah dari Presiden sampai Kepala Desa juga harus membantu pemilu serentak ini. Kami percaya kepada KPU yang memiliki kewenangan penuh yang diperkuat keputusan Mahakamah Konstitusi (MK)," ucap dia. (Christoforus Ristianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mendagri Sebut Tahapan Pemilu Berjalan Lancar, Tanpa Ada Intervensi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×