kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendagri imbau peserta CPNS tak KKN


Minggu, 17 September 2017 / 22:05 WIB
Mendagri imbau peserta CPNS tak KKN


Reporter: Ramadhani Prihatini | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - Pemerintah tahun 2017 ini membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di sejumlah Kementerian dan Lembaga. Masyarakat yang ingin mendaftar pun diminta untuk mengikuti seluruh proses seleksi dengan baik tanpa harus melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo meminta agar para masyarakat mengikuti proses dengan terbuka. Upaya KKN dipastikan tak akan bisa dilakukan.

“Kalau ada yang coba-coba melakukan KKN pasti otomatis dia sudah dari awal gugur, gitu aja. Kedepan sudah mengatur dengan bagus sekali saya kira itu yang harus diikuti,” kata Tjahjo Kumolo dikutip dari laman resmi Kementerian Dalam Negeri (17/9).

Menurut Tjahjo bagi masyarakat yang ingin menjadi PNS tentu harus punya niat untuk mengabdi di pemerintahan. Kesiapan fisik, mental dan keilmuan menjadi modal utama.

“Kalau semangat hidup bisa diwujudkan dengan impian dan proses yang benar, saya yakin Tuhan akan memberi yang terbaik. Kuncinya bukan pada orang tapi pada diri kita sendiri,” tegas Tjahjo.

Asal tahu saja, pemerintah membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) periode I untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Mahkamah Agung pada Agustus lalu. Selanjutnya, pemerintah resmi membuka lowongan CPNS Nasional periode II untuk 61 instansi pada 5 September 2017.

Disebutkan pengumuman penerimaan tersebut sebanyak 17.928 posisi untuk mengisi jabatan di 30 kementerian, 30 lembaga dan satu pemerintah provinsi Kalimantan Utara.

Penerimaan CPNS tahun ini menyediakan slot khusus untuk lulusan terbaik atau dengan pujian sebanyak 1.850 posisi, penyandang disabilitas 166 posisi, dan putra/putri daerah Papua dan Papua Barat 196 posisi.

Jumlah formasi berbeda-beda di setiap instansi, begitu juga persyaratannya. Publik dianjurkan untuk lebih teliti melihat sejumlah aturan yang berlaku tergantung di instansi mana yang dituju. Calon pelamar hanya dapat mendaftar pada satu instansi dan memilih satu jabatan. Pemerintah, juga tidak memungut biaya untuk semua tahapan seleksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×