kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendag Lutfi: Saya juga Bingung, Tiba-Tiba Minyak Goreng Keluar Semua


Senin, 21 Maret 2022 / 14:31 WIB
Mendag Lutfi: Saya juga Bingung, Tiba-Tiba Minyak Goreng Keluar Semua
ILUSTRASI. Mendag Muhammad Lutfi melakukan inspeksi mendadak kepada pedagang sembako di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (17/3/2022). Dia juga mengaku bingung dengan fenomena melimpahnya minyak goreng. KONTAN/Fransiskus Simbolon.


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perdagangan atau Mendag Muhammad Lutfi juga mengaku bingung dengan fenomena melimpahnya minyak goreng yang terjadi hanya beberapa saat setelah aturan harga eceran tertinggi (HET) dicabut. 

"Saya juga bingung, barang ini dari mana? Tiba-tiba keluar semua," kata Lutfi saat berdialog dengan ibu-ibu di sebuah ritel modern di Jakarta, dikutip dari Tribunnews, Minggu (20/3).

Lutfi menyebutkan, meski saat ini harga minyak goreng jauh lebih mahal, ada sisi positifnya. Yakni, stok minyak goreng tak lagi langka dan bisa didapatkan dengan mudah oleh masyarakat. 

"Jadi, mending mana murah tapi barangnya tidak ada, atau sedikit mahal tapi stok banyak," tanya Lutfi ke beberapa ibu-ibu yang tengah berbelanja. 

Baca Juga: Kapan Harga Minyak Goreng Kemasan Turun Lagi? Simak Jawaban Mendag

Dia juga menjamin, tidak lama lagi harga minyak goreng akan turun apabila ketersediaan di pasar semakin banyak. Menurutnya, penurunan harga terjadi sesuai dengan prinsip mekanisme pasar. 

"Paling tidak, semingguan nanti ada Filma dan merk lainnya akan membuat harga turun, jadi tidak bisa langsung," ucap mantan Duta Besar Indonesia untuk AS ini. 

Lutfi bilang, harga minyak goreng kemasan berpotensi turun sesuai dengan mekanisme pasar yang berlaku. 

“Saya juga melihat ketersediaannya cukup. Nanti, jika merek minyak gorengnya makin banyak, harganya akan menurun sesuai dengan kompetisi dan leveling dari market mereka,” ujar dia di kesempatan terpisah. 

Baca Juga: Atasi Krisis Minyak Goreng, Pemerintah Harus Turunkan Program B30 Menjadi B20

Pemerintah, Lutfi mengungkapkan, bakal menggandeng berbagai pihak terkait, termasuk pelaku usaha ritel sebagai distributor, agar menciptakan harga minyak goreng kemasan yang lebih murah. 

“Diperkirakan dalam seminggu ke depan merek-merek sudah mulai keluar dan harganya sudah bisa lebih baik (turun)," ucapnya. 

Berdasarkan hasil tinjauannya di sejumlah ritel modern di Jakarta Timur dan Jakarta Utara, Lutfi mengungkapkan, stok minyak terpantau normal bahkan melimpah. 

Selain itu, berdasarkan informasi dari penjual, permintaan toko terhadap kebutuhan minyak goreng sudah bisa dipenuhi 100%. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Heran Minyak Goreng Mendadak Melimpah, Mendag: Saya Juga Bingung"

Penulis: Muhammad Idris
Editor: Muhammad Idris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×