kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendag Lutfi janji akan mundur jika kebijakan impor beras salah


Selasa, 23 Maret 2021 / 06:49 WIB
Mendag Lutfi janji akan mundur jika kebijakan impor beras salah
Mendag Muhammad Lutfi mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/3/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kebijakan impor beras pada tahun ini yang dikemukakan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mendapat kritikan. Menanggapi hal tersebut, Lutfi berjanji siap melepas jabatannya jika keputusannya terbukti salah. Hal itu diungkapkan Lutfi dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI pada Senin (22/3/2021). 

"Saya mesti memikirkan yang tidak terpikirkan. Saya mesti mengambil keputusan yang tidak populer. Kalau memang saya salah, saya siap berhenti, tidak ada masalah," ujarnya. 

Ia menjelaskan, bahwa opsi impor untuk memenuhi cadangan beras Bulog mencapai stok 1 juta-1,5 juta ton sudah diputuskan sebelum dirinya menjadi Menteri Perdagangan pada Desember 2020 lalu. 

Saat itu, sudah ada notulen rapat di tingkat kabinet yang meminta Bulog di tahun ini menambah cadangan atau iron stock sebanyak 500.000 ton. Pada notulen disebutkan pengadaan beras bisa dipenuhi dari impor. 

Baca Juga: Ekonom Faisal Basri: Tren konsumsi beras turun kok malah mau impor beras

"Jadi itu sudah ada sebelum saya datang (menjadi Mendag). Maka waktu saya datang, saya melakukan penghitungan jumlahnya (stok beras pemerintah di Bulog)," katanya. 

Menurut penghitungannya, stok beras cadangan Bulog saat ini hanya sekitar 800.000 ton. Sebanyak 270.000-300.000 ton dari stok tersebut merupakan beras hasil impor tahun 2018 lalu. Adapun beras sisa impor itu berpotensi mengalami penurunan mutu. Artinya, tanpa menghitung beras impor maka stok beras Bulog hanya berkisar 500.000 ton. 

Baca Juga: Mendag: Tak ada impor beras saat musim panen

Di sisi lain, penyerapan gabah oleh Bulog belum optimal pada masa panen raya. Hingga saat ini serapan gabah setara beras baru mencapai 85.000 ton dari perkiraan harusnya mendekati 500.000 ton. 

"Ini menyebabkan stok Bulog pada saat ini jadi yang paling rendah dalam sejarah," ucap Lutfi. 

Rendahnya penyerapan tersebut dikarenakan aturan teknis yang mesti dipatuhi Bulog dalam membeli gabah petani. 

Menurut Permendag Nomor 24 Tahun 2020, gabah harus dengan kadar air maksimal 25 persen dan seharga Rp 4.200 per kilogram. Maka hanya gabah yang memenuhi syarat yang bisa diserap oleh Bulog. 

Sementara dengan curah hujan yang tinggi saat ini kualitas beras petani rata-rata memiliki kadar berlebih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mendag Janji akan Mundur jika Kebijakan Impor Beras Salah"
Penulis : Yohana Artha Uly
Editor : Bambang P. Jatmiko

Selanjutnya: Mendag pastikan tak ada impor beras saat musim panen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×