kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,18   6,97   0.69%
  • EMAS984.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menantu Menteri Luhut, Mayjen Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad, Ini Profilnya


Sabtu, 22 Januari 2022 / 12:40 WIB
Menantu Menteri Luhut, Mayjen Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad, Ini Profilnya
ILUSTRASI. Menantu Menteri Luhut, Mayjen Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad, Ini Profilnya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak resmi menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Siapa Maruli Simanjuntak? Bagaimana profil dan rekam jejak Maruli Simanjuntak di TNI?

Penunjukkan Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad berdasarkan Surat Keputusan nomor 66/I/2022 yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. “Pengkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak,” sebut Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Prantara Santosa dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/1/2022).

Diketahui Maruli Simanjuntak sebelumnya menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana dan mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspamres). Maruli Simanjuntak menjadi Pangkostrad menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang kini menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Prantara menjelaskan, berdasarkan surat keputusan tersebut, terdapat sembilan perwira tinggi bintang 3 TNI yang juga mengisi jabatan baru. Jabatan itu adalah Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III dijabat oleh Mayjen TNI Nyoman Cantiasa, Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI diisi Letjen TNI Bakti Agus Fajari.

Baca Juga: Pendaftaran Taruna Akmil TNI AD 2022 Dibuka, Simak Persyaratannya Ini

Kemudian jabatan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) diduduki Mayjen TNI Agus Subianto, Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (Dankodiklatad) adalah Mayjen TNI Ignatius Yogo. Lalu Laksdya TNI Agung Prasetiawan terpilih menjadi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada), dan Laksdya TNI Nurhidayat mengisi jabatan sebagai Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal).

Sementara itu, Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) adalah Mayjen TNI Mar Hartono, Pangkoopsudnas diisi Marsdya TNI Andyawan Martono, dan terakhir Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Udara dijabat Marsda TNI Nanang Santoso.

Selain itu juga terdapat 28 Perwira Tinggi TNI yang masuk kedalam jabaran satuan-satuan baru TNI. “Seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI,” sebut Prantara.

Profil Maruli Simanjuntak

Sebelum ada surat keputusan, nama Mayjen Maruli Simanjuntak memang sudah santer menjadi calon Pangkostrad. Maruli Simanjuntak yang merupakan menantu Menko Bidang Investasi dan Maritim, Luhut Binsar Panjaitan adalah kandidat kuat Pangkostrad.

Jabatan Pangkostrad sebenarnya posisi bagi perwira tinggi berpangkat letnan jenderal (letjen). Hanya saja, perwira berpangkat mayjen memiliki peluang untuk bisa mengisinya karena akan mendapat promosi kenaikan pangkat sebagai letjen usai dilantik sebagai Pangkostrad.

Maruli Simanjutak adalah lulusan Akademi Militer 1992. Maruli Simanjuntak berpengalaman dalam Infanteri (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra. Jabatan Maruli Simanjuntak terakhir adalah Pangdam IX/Udayana.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menantu Luhut Binsar Pandjaitan, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Resmi Jadi Pangkostrad",

 

Penulis : Tatang Guritno
Editor : Ivany Atina Arbi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×