kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masuk uji klinis III, ini tahapan lengkap uji vaksin Covid-19 Sinovac-Bio Farma


Selasa, 11 Agustus 2020 / 23:42 WIB
Masuk uji klinis III, ini tahapan lengkap uji vaksin Covid-19 Sinovac-Bio Farma
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo meninjau uji klinis perdana vaksin virus corona (Covid-19) di Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/8).


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Uji klinis vaksin Covid-19 PT Bio Farma kini memasuki tahap III. Vaksin buatan Sinovac asal China ini kini akan diujicoba kepada 1.620 relawan yang telah mendaftar.    

Penyuntikan untuk uji coba vaksin tersebut akan dilakukan bertahap. Gelombang pertama akan dilakukan di minggu kedua bulan Agustus  2020 ini. Ada 120 subjek relawan yang akan mendapatkan suntikan vaksin tersebut.

Lalu, uji tahap berikutnya alias gelombang kedua akan diadakan pada minggu ketiga dan minggu keempat bulan Agustus. Saat itu, vaksin  dan akan disuntikan ke masing-masing 144 relawan di  awal September. Dengan begitu, sampai September kelak, ada 408 relawan yang menjalani uji coba vaksin tersebut.

Adapun penyuntikan dan pemantauan pasien uji klinis tahap III dilakukan terus menerus dan akan berlangsung hingga minggu ketiga di Desember 2020 dengan total 1.620 relawan.

Ini pula yang menjadi alasan, mayoritas relawan merupakan warga Bandung, karena mereka harus dimonitor secara terus menerus, diperiksa, dan menjalani analisa rutin dalam menilai efektifitas vaksin.

Uji klinis tahap III merupakan tahapan yang perlu dilalui semua produk farmasi termasuk obat-obatan dan vaksin sebelum diproduksi secara massal.

 “Saya berterima kasih kepada para relawan, tim laboratorium Bio Farma dan Sinovac, serta Universitas Padjadjaran yang bisa mewujudkan tahapan krusial ini. Kini kita tunggu enam bulan ke depan,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir yang juga Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini dalam keterangan tertulis, Selasa (11/8).

Vaksin Sinovac diklaim sudah melewati hasil positif dari tahapan uji klinis vaksin Covid-19, mulai dari uji pre-klinis, uji klinis tahap 1 dan uji klinis tahap 2 yang dilakukan di China. “Tidak banyak negara atau lembaga penelitian yang sudah mencapai uji klinis hingga tahap ini," kata Erick.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×