kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Maret tahun depan, seluruh Jadebotabek tersambung jalan tol


Jumat, 20 September 2019 / 21:15 WIB
Maret tahun depan, seluruh Jadebotabek tersambung jalan tol
ILUSTRASI. Jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi 2


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Operasionalisasi Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 dipastikan molor. Semula, tol ini ditargetkan dibuka sepenuhnya pada Desember 2019. Namun, menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, tol sepanjang 109,57 kilometer ini baru dapat beroperasi penuh pada Maret 2020.

Meski demikian, jika seluruh tol ini beroperasi, maka kawasan Jadebotabek akan tersambung jalan tol. "JORR 2 ini 100 kilometer lebih. Ada beberapa penggal yang sudah beroperasi, seperti Cinere-Jagorawi. Mudah-mudahan Maret 2020 kita operasikan keseluruhannya," kata Basuki saat meninjau proyek Tol Kunciran-Serpong, Jumat (20/9/2019).

Baca Juga: Tol JORR II ruas Kunciran-Serpong beroperasi kuartal IV 2019

Ruas Kunciran-Serpong sepanjang 11,1 kilometer merupakan bagian dari Tol JORR 2. Saat ini progres konstruksinya telah mencapai 98 persen dan ditargetkan beroperasi pada akhir Oktober 2019.

Basuki mengungkapkan, salah satu kendala yang mengganjal penyelesaian Tol JORR 2 yakni pembebasan lahan yang dipicu persoalan administrasi dengan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), terutama untuk ruas Cengkareng-Kunciran sepanjang 14,2 kilometer.

Kendati demikian, persoalan itu kini telah tertangani sehingga konstruksi dapat dilanjutkan kembali. "Cengkareng-kunciran ada masalah administrasi dengan LMAN karena perubahan alokasi anggaran. Setelah disetujui KPPIP dan LMAN, investor akan menalangi dulu tanahnya dan segera dibayarkan. JORR 2 baru bisa beroperasi penuh Maret 2020," urai Basuki.

Basuki menambahkan, Tol JORR 2 dapat mendukung upaya memecah arus kendaraan. Pasalnya, masyarakat yang akan menuju wilayah barat atau timur, tak perlu lagi melalui JORR eksisting.

Baca Juga: Tol Kunciran-Serpong segera beroperasi, sejumlah proyek properti terangkat pamornya

Selain itu, kehadiran Tol JORR 2 berdampak positif terhadap sektor perekonomian. Dengan demikian, walaupun ibu kota pindah ke Kalimantan Timur, namun kawasan Jakarta dan sekitarnya diprediksi tetap menggeliat.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×