kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Malam ini, Puan Maharani dilantik jadi Ketua DPR


Selasa, 01 Oktober 2019 / 19:03 WIB

Malam ini, Puan Maharani dilantik jadi Ketua DPR
ILUSTRASI. Puan Maharani saat pelantikan anggota parlemen

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mahkamah Agung akan melantik pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan lantik malam ini. Setelah ditetapkan, Ketua DPR yang ditetapkan akan mengucap sumpah dan menyampaikan pidato pertamanya.

"Nanti jam 19:00 ada rapat paripurna untuk mengambil sumpah janji ketua DPR. Puan Maharani ketuanya," ujar Ketua Sementara DPR Abdul Wahab Dalimunthe, Selasa (1/10).

Baca Juga: Tjahjo jadi Plt Menkumham, Darmin Plt Menko PMK

Berdasarkan Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), partai pemenang pemilu yang akan menduduki ketua DPR. Dengan begitu, Puan Maharani sebagai Ketua DPR yang diusulkan PDI Perjuangan akan dilantik malam ini.

Sementara itu, Puan akan didampingi oleh empat wakil ketua DPR yang mendapatkan suara sesuai dengan urutan kemenangan kursi di pemilu.

Abdul membeberkan wakil Ketua DPR yang diajukan Golkar adalah Aziz Syamsudin, Gerindra mengajukan Sufmi Dasco Ahmad, NasDem mengajukan Rahmat Gobel.

Baca Juga: Jokowi segera mencari pengganti menteri Puan Maharani dan Yasonna Laoly

Namun, menurut Abdul, PKB masih membutuhkan waktu hingga sore untuk mengajukan nama wakil ketua dari PKB.

Sementara itu, Puan sudah mengundurkan diri sebagai Menko PMK kepada Presiden pada 30 September 2019 supaya bisa dilantik sebagai anggota DPR hari ini.


Reporter: Lidya Yuniartha
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×