kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mafindo menyebut hoaks muncul rata-rata 94 kali setiap bulan tahun lalu


Rabu, 09 Januari 2019 / 22:40 WIB
Mafindo menyebut hoaks muncul rata-rata 94 kali setiap bulan tahun lalu


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) mencatat hoaks yang beredar sepanjang tahun 2018 sangat tinggi. 

Presidium Mafindo Anita Wahid mengatakan, jika dirata-rata, terdapat 94 hoaks yang beredar di masyarakat per bulannya. Penyebab dari tingginya jumlah tersebut adalah beberapa kontestasi politik yang berlangsung, seperti Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) serentak dan persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. 

"Selama 2018 itu jumlahnya sangat tinggi, rata-rata per bulannya saja 94 hoaks," kata Anita saat ditemui di Markas Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Jakarta Pusat, Rabu (9/1).

Sejak Januari memasuki pilkada serentak, masyarakat tidak sempat istirahat lantaran ada lagi hajatan Pilpres. "Jadi tingkat hoaksnya besar selama 2018," jelasnya. Jumlah hoaks tersebut sangat tergantung pada kondisi atau kejadian yang ada. Namun, peristiwa terkait identitas agama atau suku membuat jumlah hoaks ikut meningkat. 

Peristiwa bencana turut memicu meningkatnya berita bohong yang beredar. "Biasanya kalau ada kejadian yang berhubungan dengan identitas keagamaan atau identitas kesukuan, tingkat hoaks ikut meningkat. Kalau ada bencana alam, tingkat hoaks meningkat," terang dia.

Kendati demikian, jumlah tersebut diakui Anita belum secara keseluruhan. Mafindo hanya dapat melakukan penyisiran di ranah dunia maya yang terbuka aksesnya bagi semua publik, misalnya media sosial. 

Sementara itu, ada grup-grup di media sosial yang tidak dapat mereka akses. Mafindo tak memiliki informasi dan tak bisa melakukan pengecekan terhadap hoaks yang beredar dalam platform tersebut. "Misal di Facebook group, Whatsapp group, itu kan tertutup. (Di situ) kami enggak tahu, (datanya) berdasarkan pantauan yang kami tangkap saja," lanjutnya.

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul https://nasional.kompas.com/read/2019/01/09/21482911/anita-wahid-rata-rata-94-hoaks-per-bulan-di-sepanjang-tahun-2018

Penulis: Davina Halim
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×