kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.030.000 -0,48%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Luhut Panjaitan: Kasus Harian Covid-19 Turun 97% dalam 3 Bulan Terakhir


Senin, 04 April 2022 / 17:49 WIB
Luhut Panjaitan: Kasus Harian Covid-19 Turun 97% dalam 3 Bulan Terakhir
ILUSTRASI. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengatakan, kasus harian Covid-19 turun 97% dalam 3 bukan terakhir.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus Covid-19 akibat varian omicron makin mereda. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan mengatakan, secara nasional dalam kurun waktu 3 bulan ini kasus harian Covid-19 turun hingga 97% dari puncak varian omicron.

"Selain itu, kasus aktif secara nasional juga turun hingga 83% dari puncak kasus yang lalu sehingga sekarang ini berada di bawah 100.000 kasus aktif," kata Luhut dalam Konferensi Pers Virtual, Senin (4/4).

Selain itu, tingkat rawat inap rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) saat ini hanya 6% dan tingkat positivity rate Indonesia dibawah standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) yakni 4%.

Jumlah kasus meninggal, kata Luhut, menurun tajam hingga 88% dibandingkan puncak kasus omicron yang lalu.

Baca Juga: Naik Pesawat Wajib Tes Antigen & RT-PCR Lagi, Kecuali Bagi yang Sudah Booster

"Dari data-data yang di atas kain menarik kesimpulan bahwa kondisi varian omicron di Indonesia saat ini berada pada pada posisi yang terkendali," kata Luhut.

Kemudian secara khusus perkembangan kasus di wilayah Jawa-Bali juga terus mengalami penurunan yang sangat signifikan. Hal tersebut terlihat dalam semua aspek seperti kasus konfirmasi, rawat inap rumah sakit, hingga tingkat kematian di hampir seluruh Provinsi Jawa-Bali.

"Seluruh provinsi di Jawa-Bali hari ini mengalami penurunan kasus mulai dari 96% hingga 98% dibandingkan dengan puncak kasus omicron beberapa waktu yang lalu," kata Luhut.

Dampak dari kondisi yang terkendali membuat 93% kabupaten kota di Jawa Bali sudah pada berada pada level 1 dan 2, hanya tersisa 9 kabupaten kota yang masih di level 3.

Baca Juga: Bersiap Memasuki Era Endemi, Pemerintah Kejar Target Vaksinasi 70%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×