kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,90   15,53   2.01%
  • EMAS1.029.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Luhut Pangaribuan, Todung Mulya dan Chandra Hamzah masuk 100 pengacara top Indonesia


Sabtu, 23 Mei 2020 / 23:49 WIB
Luhut Pangaribuan, Todung Mulya dan Chandra Hamzah masuk 100 pengacara top Indonesia
Todung Mulya Lubis, salah satu dari 100 pengacara top Indonesia tahun 2020 versi Asia Business Law Journal. foto/KONTAN/Anggar Septiadi

Reporter: Sandy Baskoro | Editor: Sandy Baskoro

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asia Business Law Journal kembali merilis daftar 100 pengacara terbaik di Indonesia pada tahun 2020.

Daftar 100 lawyers top Indonesia yang dirilis pada 19 Mei 2020 ini mengacu pada penelitian luas dan nominasi yang diterima dari konsultan internal korporasi di Indonesia, hingga mitra firma hukum Indonesia yang berbasis di luar negeri.

Sebagian besar pengacara berlokasi di ibu kota Jakarta, yang menjadi pusat bisnis dan keuangan terbesar di Indonesia, juga merupakan basis perusahaan milik negara (BUMN) dan kantor pemerintahan, serta inkubator bagi banyak start-up.

Baca Juga: Inilah daftar 100 pengacara top Indonesia tahun 2020 versi Asia Business Law Journal

Sesuai ekspektasi, daftar 100 lawyers top ini terdiri dari pimpinan di banyak firma hukum terkemuka di Indonesia, serta para praktisi berbakat di beberapa firma kecil dan spesialis.

Ada tiga nama yang tak asing, yakni Luhut Pangaribuan, founder Luhut Marihot Parulian Pangaribuan; Chandra Martha Hamzah, co-founder dan partner Assegaf Hamzah & Partners; serta Todung Mulya Lubis, founder dan senior partner Lubis Santosa & Maramis.

Luhut Pangaribuan merupakan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) periode 2015-2020. Pada hiruk pikuk pilpres 2019, Luhut adalah salah satu anggota tim kuasa hukum pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

Sementara Chandra Hamzah adalah mantan petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang kini menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Tabungan Negara (BTN). Sedangkan Todung Mulya Lubis saat ini menjabat sebagai Duta Besar untuk Norwegia merangkap Islandia.

Baca Juga: Hotman Paris pasang sekat anti corona di Alphard, ini perusahaan yang merancangnya...

Nama-nama lainnya adalah Ahmad Fikri Assegaf, partner dan co-founder Assegaf Hamzah and Partners; Tony Budidjaja, managing partner Budidjaja International Lawyers; Bagus Nur Buwono, managing partner Bagus Enrico & Partners.

Selanjutnya Mohamed Idwan Ganie, managing partner Lubis Ganie Surowidjojo; Suhardi Somomoeljono, managing partner SSA Advocates; Fred Tumbuan, founder dan senior partner Tumbuan & Partners; serta Ary Zulfikar, managing partner AZP Legal Consultants.

Jason Lloyd, partner Porter Hedge (Amerika Serikat), merekomendasikan M Iqbal Hadromi, pendiri dan partner Hadromi & Partners. Alasannya, Iqbal sangat responsif, selain pengetahuannya yang mendalam tentang hukum Indonesia.

"Dia memberikan nasihat bisnis praktis yang sangat diperlukan dalam membantu kami dan klien kami membuat keputusan yang bijaksana," kata Lloyd, seperti dikutip vantageasia.com.

Baca Juga: Pertama kali di Singapura, keputusan hukuman mati disampaikan lewat Zoom

Untuk menjadi salah satu pengacara terkemuka di Indonesia, seseorang membutuhkan pengalaman luas. "Hal ini yang akan menjamin bahwa klien menerima berbagai layanan untuk kepuasan mereka," ungkap Yudhistira Setiawan, Vice President, Corporate Legal and Litigation Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), menggambarkan Soenardi Pardi, seorang partner di Hendra Soenardi, yang menjadi satu dari 100 lawyers top Indonesia 2020.

Untuk mengidentifikasi 100 pengacara terbaik di Indonesia, Asia Business Law Journal berpaling ke ribuan konsultan legal internal korporasi di Indonesia dan seluruh dunia, serta mitra di firma hukum internasional.

Nominasi dilakukan para profesional di berbagai perusahaan Indonesia dan global, lembaga keuangan dan firma hukum, antara lain Adaro Energy, Grup Agung Podomoro, Alticor Inc, Aplika Karya Solusi Bisnis, Aquifer Consulting, Archi Indonesia, Assuranceforeningen Skuld, Astra International, Austrex, Bali Towerindo Sentra, Bank BTN, BFI Finance.

Baca Juga: Cucu Nyonya Meneer Gugat Bhumi Empin Mustiko Terkait Hak Cipta

Kemudian Bird & Bird ATMD, Bireven and Partners, Clyde & Co, Country Garden Group, DOP Law Corporation, East Ventures, Elken Global, Henkel, Bursa Efek Indonesia, ITDC, JTJB, Grup Kalla, Kennedys, Kofax, MDI Venture, Milbank, Nishimura & Asahi, Pinsent Mason MPillay.

Selanjutnya PT AXA Mandiri, PT Berau Coal, PT SMART, Reckitt Benckiser, Saratoga Investama Sedaya, Shimizu Corporation, Tilleke & Gibbins International, Tokopedia, Vantage Drilling International, serta ZICO Holdings.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×