kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Liga 1 Indonesia Boleh Ditonton Maksimal 70%, Polisi Tanpa Senjata Gas Airmata


Selasa, 20 Desember 2022 / 19:22 WIB
Liga 1 Indonesia Boleh Ditonton Maksimal 70%, Polisi Tanpa Senjata Gas Airmata
ILUSTRASI. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kanan) di ruangan Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (14/10/2022). Kapolri mengizinkan Liga BRI 1 Indonesia bergulir lagi dengan penonton. ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi mengizinkan PT Liga Indonesia menggelar pertandingan Liga 1 Indonesia disaksikan langsung oleh penonton.

Namun, jumlah penonton yang hadir di stadion masih dibatasi sebesar 70% dari total kapasitas stadion.

Keputusan Kapolri Listyo Sigit Prabowo ini setelah pemerintah menghentikan sementara kegiatan Liga 1 Indonesia sejak terjadinya tragedi Stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur pada
 1 Oktober 2022 saat berlangsungnya pertandingan antara Arema FC Malang melawan Persebaya Surabaya.

Tragedi Kanjuruhan Malang ini menyebabka korban meninggal dunia total mencapai 135 orang. Selain itu ratusan korban terluka juga nharus menjalani perawatan di rumah sakit karena pada penanganan kercuhan di Kanjuruhan Malang polisi menggunakan gas airmata.

Hanya saja pengusutan kasus berdarah tragedi Kanjuruhan Malang hingga saat ini belum selesai meskipun sudah ada tersangka.

Semenara menyusul rencana dibolehkannya suporter menonton pertandingan sepak bola Liga 1 Indonesia, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan tidak boleh ada penggunaan gas air mata saat pengamanan oleh aparat kepolisian.

Listyo menegaskan, dirinya melarang anggotanya memakai gas air mata maupun senjata api saat pengamanan kompetisi sepak bola Liga 1.

"Di mana kita bisa menggunakan pengamanan, namun tidak boleh menggunakan gas air mata, tidak boleh membawa senjata api," kata Sigit seusai memeriksa kesiapan pelaksanaan kompetisi piala AFF bersama Menpora Zainuddin Amali di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada Selasa (20/12/2022), mengutip Kompas TV.

Instruksi Kapolri Jederal Listyo Sigit itu menyusul rencana kompetisi Liga 1 bakal diperbolehkan dengan penonton pada Januari 2023 mendatang.

Kapolri menjelaskan, nantinya pengamanan yang dilakukan anggota polisi juga bakal berubah, yakni hanya boleh berjaga di luar stadion saja selama pertandingan berlangsung.

"Tentunya pengaturan yang di dalam adalah steward, kemudian anggota kepolisian hanya ada di luar stadion. Kita mulai berada di ring luar stadion," jelasnya.

Meski demikian, personel kepolisian boleh masuk ke dalam lapangan jika ada permintaan dari steward atau tenaga pengamanan pertandingan.

Selain itu, lanjut dia, pola pengamanan juga menyesuaikan dengan situasi ancaman yang terjadi di lapangan.

"Kami bisa masuk manakala dari petugas keamanan penyelenggara meminta polisi untuk masuk. Sehingga aturan itu kita sesuaikan.”

“Sehingga ini juga kita harapkan ke depan menjadi lebih baik mulai dari kondisi hijau, kondisi kuning ada ancaman dan sampai merah dan kondisi terburuk adalah kondisi kontingensi," ungkapnya.

Aturan baru tersebut, lanjut Sigit, bakal diuji coba oleh Polri dalam waktu dekat. Ke depan, pihaknya berharap keselamatan penonton dan penyelenggara menjadi terjamin dengan baik.

"Kita tentunya akan melaksanakan uji coba terkait dengan peraturan kepolisian yang baru, bagaimana penyelenggaraan sistem pengaman terkait dengan persepakbolaan," katanya.

Artikel ini telah tayangengan judul: "Tanggapi Rencana Pertandingan Liga 1 Dihadiri Penonton, Kapolri: Tidak Boleh Gunakan Gas Air Mata" di https://www.kompas.tv/article/360235/tanggapi-rencana-pertandingan-liga-1-dihadiri-penonton-kapolri-tidak-boleh-gunakan-gas-air-mata
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×