kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.597.000   -12.000   -0,75%
  • USD/IDR 16.179   1,00   0,01%
  • IDX 7.166   -66,59   -0,92%
  • KOMPAS100 1.055   -9,60   -0,90%
  • LQ45 831   -12,11   -1,44%
  • ISSI 214   0,13   0,06%
  • IDX30 427   -6,80   -1,57%
  • IDXHIDIV20 512   -6,51   -1,26%
  • IDX80 120   -1,15   -0,95%
  • IDXV30 123   -0,75   -0,60%
  • IDXQ30 140   -2,07   -1,45%

Libur Panjang Isra Miraj- Tahun Baru Imlek, KAI Angkut 131.583 Penumpang


Senin, 27 Januari 2025 / 14:33 WIB
Libur Panjang Isra Miraj- Tahun Baru Imlek, KAI Angkut 131.583 Penumpang
ILUSTRASI. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom. KAI mencatat peningkatan jumlah penumpang pada periode libur panjang perayaan Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek 2025.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat peningkatan jumlah penumpang pada periode libur panjang perayaan Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek 2025 pada periode 24 Januari hingga 3 Februari 2025

Hingga pukul 07.00 WIB, Senin (27/1), sebanyak 131.583 penumpang telah memesan tiket atau 102% dari kapasitas tempat duduk tersedia yakni 128.969 penumpang. 

"Tingginya okupansi ini terjadi karena adanya penumpang dinamis yang naik dan turun di stasiun antara pada berbagai stasiun sepanjang perjalanan," kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba, hari ini. 

Baca Juga: Apakah KAI Commuter Jabodetabek Tetap Beroperasi Selama Libur Isra Mikraj dan Imlek?

Lebih lanjut, Anne menyebut pada periode 24 Januari hingga 3 Februari 2025, KAI menyediakan total kapasitas 1.302.967 tempat duduk untuk KA jarak jauh.

Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang, KAI telah mengoperasikan kereta tambahan di berbagai rute populer.

Berikut adalah daftar kereta tambahan yang disiapkan selama libur panjang:

1. KA Argo Parahyangan Tambahan (7045B) relasi Bandung-Gambir

2. KA Argo Parahyangan Tambahan (7046A) relasi Gambir-Bandung

3. KA Sembrani Tambahan (7009A) relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir

4. KA Sembrani Tambahan (7010A) relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi

5. KA Tambahan Bandung-Solo Balapan (7022C) relasi Bandung-Solo Balapan

6. KA Tambahan Bandung-Solo Balapan (7024D) relasi Bandung-Solo Balapan

7. KA Tambahan Gambir-Solo Balapan (7016B) relasi Gambir-Solo Balapan

8. KA Tambahan Gambir-Yogyakarta (7002B) relasi Gambir-Yogyakarta

9. KA Tambahan Gambir-Yogyakarta (7004B) relasi Gambir-Yogyakarta

10. KA Tambahan Lempuyangan-Pasarsenen (10907) relasi Lempuyangan-Pasarsenen

11. KA Tambahan Pasarsenen-Lempuyangan (10908) relasi Pasarsenen-Lempuyangan

12. KA Tambahan Solo Balapan-Bandung (7021D) relasi Solo Balapan-Bandung

13. KA Tambahan Solo Balapan-Bandung (7023C) relasi Solo Balapan-Bandung

14. KA Tambahan Solo Balapan-Gambir (7015B) relasi Solo Balapan-Gambir

15. KA Tambahan Yogyakarta-Gambir (7001B) relasi Yogyakarta-Gambir

16. KA Tambahan Yogyakarta-Gambir (7003B) relasi Yogyakarta-Gambir

Menurut Anne, libur panjang ini diprediksi menjadi momen yang dimanfaatkan banyak masyarakat untuk bepergian bersama keluarga. 

Untuk itu, KAI mengimbau pelanggan segera memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi KAI, atau mitra penjualan resmi agar mendapatkan jadwal keberangkatan sesuai kebutuhan.

“Kami ingin memastikan setiap pelanggan dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan bersama kereta api. Oleh karena itu, kami mengimbau masyarakat mempersiapkan perjalanan jauh-jauh hari, memperhatikan waktu keberangkatan dan datang ke stasiun lebih awal yaitu 1 jam sebelum jadwal keberangkatan,” tambah Anne.

KAI juga mengingatkan pelanggan untuk memastikan dokumen perjalanan sesuai ketentuan, seperti membawa kartu identitas yang tertera pada tiket. 

Selain itu, pelanggan disarankan memanfaatkan fitur online check-in melalui aplikasi Access by KAI ataupun face recognition untuk menghindari antrean panjang di stasiun.

KAI berkomitmen memberikan pelayanan terbaik selama periode libur panjang ini. Seluruh fasilitas stasiun dan kereta telah dipersiapkan, termasuk penguatan layanan customer service danpenambahan petugas untuk membantu pelanggan di lapangan.

“Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dan memastikan perjalanan libur panjang kali ini menjadi momen yang menyenangkan untuk pelanggan,” tutup Anne.

Baca Juga: Sepakati Kerja Sama Perdagangan, Ini Alasan Indonesia Harus Belajar dari India

Selanjutnya: Enam Kapal Selam India Produksi Jerman Bakal Tangkal Kekuatan China di Samudra Hindia

Menarik Dibaca: Wilayah Ini Berpotensi Hujan Petir, Cek Ramalan Cuaca Besok (28/1) di Jawa Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Bond Voyage Mastering Strategic Management for Business Development

[X]
×