kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Letusan Gunung Semeru Picu Tsunami, BNPB: Berita Tidak Bisa Dipertanggungjawabkan


Senin, 05 Desember 2022 / 16:05 WIB
Letusan Gunung Semeru Picu Tsunami, BNPB: Berita Tidak Bisa Dipertanggungjawabkan
ILUSTRASI. Luncuran Awan Panas Guguran (APG) Gunungapi Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa letusan Gunung Semeru tidak menyebabkan tsunami.

Pernyataan ini untuk menampik kabar yang beredar bahwa letusan Gunung Semeru membangkitkan tsunami hingga ke negara Jepang, setelah luncuran awan panas guguran (APG) Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) dini hari.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyatakan, kabar tsunami itu tidak berdasar.

"Ada beberapa alasan kenapa berita tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan," kata Abdul dalam siaran pers, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: Alasan Mengapa Jepang Waspada Tsunami Pasca Gunung Semeru Erupsi

Abdul menuturkan, Gunung Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut sehingga potensi letusan (pyroclastic/partial collapse) tidak sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami.

Kemudian, posisi Gunung Semeru berada di Selatan Jawa. Jika terjadi longsoran di Pantai Selatan Jawa akibat aktivitas vulkanis, kecil kemungkinan tsunami yang terjadi bisa menjangkau negara Jepang.

Pasalnya, akan terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia. "Berdasarkan analisa tersebut, kabar yang beredar tentang letusan Gunung Semeru akan menyebabkan tsunami hingga ke negara Jepang, dapat dipastikan tidak tepat," ucap Abdul.

Lebih lanjut, Abdul mengimbau agar masyarakat tidak langsung mempercayai kabar yang beredar jika tidak berasal dari institusi resmi.

"BNPB mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mempercayai kabar yang berasal dari lembaga yang berwenang di Indonesia, baik itu dari BNPB, BMKG, PVMBG, BPBD dan lembaga-lembaga yang dimandatkan oleh pemerintah," jelasnya.

Baca Juga: Semeru Berstatus Awas, Ini Daftar Status Gunung Api di Indonesia

Sebelumnya diberitakan, Gunung Semeru di Jawa Timur, mengeluarkan awan panas guguran. Sejauh ini, wilayah terdampak guguran awan panas Semeru meliputi Desa Capiturang dan Sumberurip di Kecamatan Pronojiwo, Desa Sumbersari di Kecamatan Rowokangkung, Desa Penanggal dan Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro, dan Desa Pasirian di Kecamatan Pasirian.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Semeru dari level III (siaga) menjadi level IV (awas). Hingga Minggu (5/12/2022), sedikitnya 1.979 warga mengungsi di 11 titik setelah guguran awan panas dan meningkatnya aktivitas vulkanis Gunung Semeru.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BNPB: Letusan Gunung Semeru Tidak Sebabkan Tsunami"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×