kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.930.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.230   -112,00   -0,69%
  • IDX 7.214   47,18   0,66%
  • KOMPAS100 1.053   7,20   0,69%
  • LQ45 817   1,53   0,19%
  • ISSI 226   1,45   0,65%
  • IDX30 427   0,84   0,20%
  • IDXHIDIV20 504   -0,63   -0,12%
  • IDX80 118   0,18   0,16%
  • IDXV30 119   -0,23   -0,19%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,20%

Laporan BI: Penjualan Eceran Turun 2,7% pada April 2024


Selasa, 11 Juni 2024 / 11:22 WIB
Laporan BI: Penjualan Eceran Turun 2,7% pada April 2024
ILUSTRASI. Indeks Penjualan Riil (IPR) April 2024 tercatat 236,3 atau kontraksi sebesar 2,7%


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Hasil survei Bank Indonesia (BI) mencatat penjualan eceran pada April 2024 mengalami kontraksi secara tahunan.

Ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) April 2024 tercatat mencapai 236,3 atau mengalami kontraksi sebesar 2,7% YoY, setelah mengalami pertumbuhan tinggi sebesar 9,3% YoY bertepatan dengan bulan Ramadan pada Maret 2024.

Berdasarkan kelompoknya, beberapa kelompok mengalami kontraksi seperti Subkelompok Sandang (-15,7% yoy), Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau (-2,4% yoy), serta Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya (-6,0% yoy) setelah sebelumnya terakselerasi pada Maret 2024.

Baca Juga: BI: Kinerja Penjualan Eceran Diperkirakan Meningkat pada Mei 2024

Kontraksi lebih dalam tertahan oleh Kelompok Suku Cadang dan Aksesori (6,5% yoy) serta Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (3,3% yoy) yang mencatatkan pertumbuhan positif.

Kendati begitu, secara bulanan, penjualan eceran tercatat sebesar 236,3 atau tumbuh 0,4% mtm terutama didorong oleh Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi (5,4% mtm), Barang Budaya dan Rekreasi (5,1% mtm), serta Makanan, Minuman dan Tembakau (0,8% mtm) sejalan dengan kegiatan masyarakat saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Idul Fitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×