kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

KPPU Siap Kawal Pembangunan IKN


Kamis, 01 Desember 2022 / 17:22 WIB
KPPU Siap Kawal Pembangunan IKN
ILUSTRASI. Plang nama titik lokasi pembangunan Istana Presiden di IKN


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) siap mengawasi jalannya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Ketua KPPU M Afif Hasbullah mengatakan, pihaknya mendukung program pemerintah untuk membangun IKN. KPPU juga menyiapkan diri untuk menjadi bagian daripada suksesnya pembangunan IKN tersebut.

Afif menyebut, KPPU dapat ikut serta dalam pengawasan pengadaan barang/jasa supaya tidak terjadi praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Afif mengatakan, hal tersebut telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam audiensi beberapa waktu lalu.

"Kami siap untuk backup terkait dengan IKN," ujar Afif di Jakarta, Kamis (1/12).

Baca Juga: SPKS Minta KPPU Usut Monopoli Industri Sawit dan Biodiesel

Afif menuturkan, perlunya advokasi kepada semua pelaku usaha agar pelaku usaha memahami UU nomor 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Hal ini juga sejalan dengan upaya KPPU mendorong kepatuhan pelaku usaha atas aturan tersebut.

"Sehingga saat ramai-ramai mengerjakan IKN semua pelaku usaha yang ada disana sudah terinformasi terkait persaingan usaha yang sehat," ucap Afif.

Lebih lanjut Afif menjelaskan, KPPU terus berupaya mengantisipasi perubahan pasar dampak ketidakpastian ekonomi global pada tahun depan.

Afif menyebut, KPPU tahun depan akan terus melakukan penguatan pengawasan kemitraan UMKM, peningkatan kepatuhan pelaku usaha.

Lalu, pengembangan sistem digital di KPPU, khususnya dalam menunjang pengawasan persaingan dan kemitraan. Serta simplifikasi hukum acara dan peraturan lainnya yang berkaitan dengan publik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×