kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPPU akan gelar sidang dugaan kartel tiket pesawat awal September 2019


Selasa, 27 Agustus 2019 / 09:45 WIB
KPPU akan gelar sidang dugaan kartel tiket pesawat awal September 2019
ILUSTRASI. ilustrasi bisnis maskapai penerbangan - bandara Sepinggan


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU) Guntur Syahputra Saragih mengatakan, pihaknya akan menggelar sidang soal kartel tiket pesawat dan kargo pada awal September 2019.

Hal itu karena Ketua KPPU yang menjadi Ketua Majelis Persidangan, Kurnia Toha, tengah dalam perjalanan haji ke Tanah Suci dan baru kembali ke tanah air tanggal 2 September 2019.

Baca Juga: KPPU menduga OVO melakukan perjanjian tertutup di pembayaran parkir

"Untuk (sidang) tiket sudah siap, namun Ketua KPPU sekaligus Ketua Majelis Persidangan sedang haji. Makanya dalam waktu dekat segera kami akan lakukan (sidang)," kata Komisioner KPPU Guntur Saragih di Jakarta, Senin (26/8).

Guntur menjelaskan, sidang kartel tiket pesawat dan kargo tetap dilanjutkan meski kasus rangkap jabatan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara sudah dihentikan. Sebab, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan tidak meregulasi tentang kartel.

Namun, kasus rangkap jabatan Ari bisa kembali dimasukkan dalam persidangan kartel tiket pesawat dan kargo sebagai bahan bukti dan penguat.

"Materi ini menjadi pembuktian dalam perkara tiket, sehingga perkaranya tidak alot. Rangkap jabatan kan berarti ada antar pihak yang menyatukan komunikasi. Jadi menguatkan terjadinya kartel," papar Guntur.

Baca Juga: Jeff Bezos terinspirasi ayahnya seorang imigran Kuba yang ke AS saat remaja

Sebelumnya, KPPU memang telah menyiapkan jadwal sidang dugaan kartel tiket pesawat terbang yang menyeret nama PT Garuda Indonesia Tbk, Lion Air Group, dan maskapai penerbangan lainnya.

KPPU melalui tim investigatornya telah menemukan 2 alat bukti dan sudah menyelesaikan berkas perkaranya. Masalah ini pun telah menjadi prioritas KPPU sejak dugaan kartel masih dalam tahap penelitian. (Fika Nurul Ulya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Awal September, KPPU Gelar Sidang soal Kartel Tiket Pesawat",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×