kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,28   -13,21   -1.43%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPPIP dukung percepatan pembangunan jalan tol Kelapa Gading - Pulo Gebang


Senin, 23 Agustus 2021 / 21:55 WIB
KPPIP dukung percepatan pembangunan jalan tol Kelapa Gading - Pulo Gebang
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (tengah) memberikan pidato saat peresmian jalan tol dalam kota Jakarta, yakni Kelapa Gading - Pulo Gebang Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas


Reporter: Fahriyadi | Editor: Fahriyadi .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada hari Senin (23/9) meresmikan 6 ruas jalan tol dalam kota atau tol layang dalam kota Jakarta segmen Kelapa Gading - Pulo Gebang sepanjang 9,3 kilometer (Km).

Ruas jalan tol tersebut melengkapi jalan tol metropolitan Jabodetabek dan merupakan bagian dari jalan tol lingkar dalam dan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Presiden Jokowi berharap kecepatan distribusi logistik akan semakin baik dan daya saing komoditas-komoditas juga diharapkan semakin baik. Pasalnya, jalan tol tersebut mendukung keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok.

“Sehingga akan memperkuat, meningkatkan daya saing kita, dan juga utamanya mobilitas orang di Jakarta akan makin baik, mobilitas barang antara Kota Jakarta dengan sekitarnya juga akan makin baik,” kata Presiden.

Dalam pembangunan Jalan Tol Kelapa Gading - Pulo Gebang tersebut, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) yang diketuai Menko Perekonomian Airlangga Hartarto telah mendukung proses pembangunan infrastruktur di ibukota negara tersebut.

“KPPIP memberikan dukungan penuh dengan melakukan prioritasi anggaran pengadaan tanah serta debottlenecking permasalahan,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian sekaligus Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo dalam keterangannya, Senin (23/8).

Jalan tol ini dibangun untuk menunjang konektivitas antar Pelabuhan Tanjung Priok dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda, sehingga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi logistik dan memperlancar kegiatan ekspor.

Sebagaimana dilansir kppip.go.id, pembangunan Jalan Tol Kelapa Gading - Pulo Gebang menggunakan skema pembiayaan bauran, baik antara kementerian dengan BUMN maupun antara kementerian dan BUMN dengan pihak swasta atau Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Pemerintah merencanakan pembangunan 6 ruas jalan tol dalam kota Jakarta sepanjang 69,78 kilometer (km). Pembangunan jalan tol tersebut dibagi menjadi tiga tahapan. Pada tahap pertama mencakup segmen Kelapa Gading - Pulo Gebang sepanjang 9,3 km serta Kelapa Gading - Semanan sepanjang 20,38 km.

Pada peresmian tersebut Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Komisaris Utama PT Jakarta Tollroad Development Trisno Muljadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×