kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPK: Rafael Alun Punya Saham di 6 Perusahaan, Nilainya Capai Rp 1,55 Miliar


Kamis, 02 Maret 2023 / 11:11 WIB
KPK: Rafael Alun Punya Saham di 6 Perusahaan, Nilainya Capai Rp 1,55 Miliar
ILUSTRASI. KPK menemukan Rafael Alun Trisambodo memiliki saham di enam perusahaan berbeda dengan total Rp 1,55 miliar.ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan pemeriksaan atas Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Rafael Alun Trisambodo.

Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan mengatakan, KPK telah melakukan pemeriksaan dan menemukan aset berharga Rafael Alun Trisambodo yang tidak dirincikan dalam LHKPN pada 2022. Aset berharga yang dimaksud adalah berupa saham yang ada di enam perusahaan berbeda dengan total mencapai Rp 1,55 miliar.

"Yang bersangkutan juga punya enam saham di enam perusahaan. Kalau di LHKPN ini yang dicatat hanya nilai sahamnya saja. Jadi saya punya perusahaan saya buka dengan modal Rp 100, yang di LHKPN hanya Rp 100, urusan perusahaan berkembang sampai semiliar itu tidak ada di LHKPN ," ujar Pahala dan Konferensi Pers di Jakarta, Rabu (1/3).

Baca Juga: KPK Kesulitan Periksa Transaksi Keuangan Rafael Alun Trisambodo

Hanya saja, Pahala menyebut KPK tidak memiliki wewenang untuk mendalami enam perusahaan tempat Rafael menanamkan modalnya.

"KPK tidak punya wewenang membuka perusahaan, tapi kita tahu ada enam itu yang kita koordinasikan dengan Inspektorat Jenderal," katanya.

Sebelumnya, berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), diketahui bahwa Rafael memiliki total harta kekayaan Rp 56,1 miliar per 2021.

Dalam dokumen tersebut juga diketahui bahwa dirinya melaporkan kepemilikan dua kendaraan mewahnya, yakni  Mobil Toyota Camry Sedan tahun 2008 dan Mobil Toyota Kijang tahun 2018 dengan total mencapai Rp 425 juta.

Kemudian, Rafael juga memiliki harta bergerak lainnya dengan nilai mencapai Rp 420 juta, memiliki surat berharga senilai Rp 1,55 miliar, kas dan setara kas Rp 1,34 miliar, serta harta lainnya Rp 419 juta. Dalam dokumen tersebut, Rafel juga tercatat tidak memiliki utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×