kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsumen optimistis kondisi ekonomi dalam 6 bulan ke depan


Senin, 12 April 2021 / 11:04 WIB
Konsumen optimistis kondisi ekonomi dalam 6 bulan ke depan
ILUSTRASI. Indeks ekspektasi kondisi ekonomi Indonesia naik


Reporter: Bidara Pink | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepercayaan konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi 6 bulan ke depan terpantau menguat dari bulan sebelumnya.  Bahkan, indeksnya tetap berada di zona optimistis atau indeks di atas 100.

Menurut Survei Konsumen Bank Indonesia (BI), ini tercermin dari indeks ekspektasi kondisi ekonomi (IEK) Maret 2021 yang tercatat sebesar 114,1. Level indeks ini meningkat dibandingkan bulan Februari yang masih berada di 106,5. 

“Didorong oleh menguatnya seluruh komponen penyusun, terutama ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja,” ujar Direktur Eksekutif, kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam laporan Survei Konsumen yang diterima Kontan.co.id, hari ini (12/4). 

Erwin memerinci, peningkatan optimisme akan ketersediaan lapangan kerja terindikasi dari meningkatnya Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja Maret 2021 sebesar 9,4 poin menjadi 109,8. 

Berdasarkan tingkat pendidikan, Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja terpantau meningkat pada seluruh kategori pendidikan terutama responden dengan latar belakang pendidikan Pasca Sarjana. 

Sementara itu, perkiraan konsumen terhadap ekspansi kegiatan usaha secara umum pada 6 bulan ke depan juga menguat. Terlihat dari Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha yang naik 9,0 poin dari bulan sebelumnya. 

Baca Juga: Kredit produktif BRI tumbuh 3,8% yoy pada Februari 2021

Kenaikan indeks terjadi pada seluruh kategori pengeluaran, terutama pada responden dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan. Sementara dari sisi usia, indeks terpantau meningkat pada seluruh kelompok usia responden, terutama responden berusia di atas 60 tahun. 

Sejalan dengan meningkatnya ekspektasi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja dan kegiatan usaha ke depan, ekspektasi konsumen terhadap kenaikan penghasilan pada 6 bulan yang akan datang pada Maret 2021 terpantau menguat. 

Indeks Ekspektasi Penghasilan Maret 2021 tercatat 121,5 atau naik 4,4 poin dari 117,1 pada bulan sebelumnya. 

Penguatan indeks terpantau pada responden dengan pengeluaran di atas Rp 2 juta per bulan. Sementara menurut kategori usia, ekspektasi terhadap penghasilan ke depan meningkat pada seluruh kelompok usia. 

Selanjutnya: Vaksinasi dorong penguatan keyakinan konsumen akan ekonomi saat ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×