kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS1.007.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

Komet Neowise akan melintasi Indonesia, ini waktu dan bagaimana cara melihatnya


Kamis, 16 Juli 2020 / 11:55 WIB
Komet Neowise akan melintasi Indonesia, ini waktu dan bagaimana cara melihatnya
ILUSTRASI. Ilustrasi komet. REUTERS/George Frey

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pernah mendengar soal komet Neowise? Komet Neowise menjadi salah satu fenomena langit yang langka dan akan terjadi di bulan Juli 2020. Komet Neowise baru ditemukan pada 27 Maret 2020, dan berperiode sangat panjang. 

Ahli memperkirakan, Komet Neowise baru mendekati bumi sekitar 6.800 tahun lagi. Menurut astronom amatir Marufin Sudibyo, penampakan Komet Neowise juga bisa dilihat dari wilayah negara Indonesia. 

Meskipun, kawasan yang paling baik untuk bisa melihat komet Neowise ini hanyalah kawasan stubtropis. Khususnya lintang tinggi seperti Eropa dan Amerika di hemisfer utara, serta Selandia Baru dan Australia selatan di hemisfer selatan. 

Baca Juga: Komet paling jauh dari galaksi Bima Sakti bersiap melewati orbit Bumi

Marufin menuturkan, pada 3 Juli 2020 lalu, komet ini mencapai perihelion terdekat dengan Matahari kemudian kembali mengorbit di Tata Surya, dan periode waktunya berakhir pada 10 juli 2020. 

"Upaya untuk mengamati komet (Neowise) dari Indonesia sebelum 10 Juli 2020, tidak menampakkan hasil karena terlalu rendah," kata Marufin kepada Kompas.com, Selasa (14/7/2020). 

Kapan waktu melihatnya? 

Di Indonesia, komet Neowise diperkirakan dapat terlihat pada tanggal 20 Juli 2020 setelah Matahari terbenam. "Komet ada di langit barat laut," kata dia. Komet ini bisa disaksikan setelah Matahari terbenam, karena diperkirakan sudah lebih redup atau saat estimasi magnitudonya +3 hingga +4. 

Baca Juga: Jangan lewatkan, siang ini fenomena bulan setengah lingkaran dan sejajar dengan Mars

Maka, komet ini baru akan dilihat jika fase senja sipil (civil twilight) sudah berakhir. Dengan kata lain, komet berkemungkinan baru bisa dilihat mulai 25 menit pasca terbenamnya Matahari. Namun, ketinggian komet ini diperkirakan akan meningkat, namun magnitudonya akan terus menurun. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×