kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Koalisi kawal capim KPK meminta presiden Jokowi coret calon pimpinan KPK bermasalah


Selasa, 03 September 2019 / 10:53 WIB
Koalisi kawal capim KPK meminta presiden Jokowi coret calon pimpinan KPK bermasalah
ILUSTRASI. AKSI KAWAL PROSES PEMILIHAN CAPIM KPK


Reporter: Vendi Yhulia Susanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Koalisi Kawal Calon Pimpinan (capim) KPK mendesak Presiden Joko Widodo melakukan evaluasi terhadap kinerja Pansel Capim KPK karena tidak mampu untuk menjaring capim KPK yang memiliki rekam jejak baik.

"Presiden harus mencoret nama-nama yang diduga mempunyai persoalan integritas," kata Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/9).

Koalisi kawal capim KPK juga menyatakan, Presiden perlu mempertimbangkan masukan dari para tokoh dan masyarakat terkait dengan integritas yang dimiliki oleh Capim KPK. Pasalnya, dari nama-nama yang disampaikan kepada Presiden, masih terdapat beberapa nama yang diduga memiliki rekam jejak buruk dan tidak berintegritas.

Baca Juga: KPK tangkap Bupati Muara Enim, uang sebanyak US$ 35.000 diamankan

"Amat disayangkan Pansel KPK justru menyebutkan seakan-akan 10 nama yang sudah disetorkan ke Presiden langsung mendapat persetujuan oleh Presiden," ungkap dia.

Koalisi kawal capim KPK menilai, Pansel Capim KPK tidak mengindahkan masukan dari publik. Misal, dugaan ketidakpatuhan pelaporan harta kekayaan, dugaan pelanggaran kode etik, dugaan memperlambat penanganan perkara, hingga dugaan penerimaan gratifikasi.

Selain itu, Pansel Capim KPK sebagai perpanjangan tangan Presiden tidak mampu dalam menyaring para kandidat yang memiliki integritas dan berkompeten dalam pemberantasan korupsi. Malah, Pansel Capim KPK cenderung memberikan kemudahan terhadap calon tertentu ketika proses wawancara dan uji publik.

Hal tersebut dapat terlihat dari pertanyaan yang diberikan oleh Pansel Capim KPK kepada calon ketika mengklarifikasi tentang laporan harta kekayaan. Pansel tidak menanyakan secara detil alasan ketidakpatuhan Capim KPK dalam melaporkan harta kekayaan.

Baca Juga: Berikut nama 10 capim KPK yang diterima Presiden Jokowi

Koalisi kawal capim KPK mengatakan, Presiden mempunyai hak penuh untuk mengevaluasi kinerja Pansel dan menolak calon-calon tertentu jika ditemukan potensi masalah di masa yang akan datang. Sebab, jika calon bermasalah terpilih menjadi Komisioner KPK juga akan memberikan citra negatif bagi pemerintah di era Presiden Joko Widodo.

Presiden berdasarkan UU memiliki waktu paling lambat 14 hari sebelum masuk pada fase fit and proper test DPR. Penting juga saat ini jika Presiden dapat bertemu langsung dengan KPK untuk mendapatkan informasi terkini terkait 10 nama tersebut.

10 orang yang diserahkan Pansel Capim KPK ke presiden adalah :

Alexander Marwata - Komisioner KPK

Firli Bahuri - Anggota Polri

I Nyoman Wara - Auditor BPK

Johanis Tanak - Jaksa

Lili Pintauli Siregar - Advokat

Luthfi Jayadi Kurniawan - Dosen

Nawawi Pomolango - Hakim

Nurul Ghufron - Dosen

Roby Arya - PNS Seskab

Sigit Danang Joyo - PNS Kemenkeu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×