kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45775,30   4,34   0.56%
  • EMAS931.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN 0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

KLHK: Kasus karhutla 2019, 92 lokasi disegel, dan 7 jadi tersangka korporasi


Kamis, 06 Februari 2020 / 19:43 WIB
KLHK: Kasus karhutla 2019, 92 lokasi disegel, dan 7 jadi tersangka korporasi
ILUSTRASI. Warga mengendarai sepeda motor sambil membawa selang untuk melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut di desa Ganepo, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Rabu (2/10/2019).Kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah Provinsi Kalteng masih te

Reporter: Abdul Basith | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 92 lahan perusahaan disegel oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sebagai tindak lanjut penegakan hukum atas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2019 lalu.

Asal tahu saja tahun 2019 lalu terdapat 1,59 juta hektare (ha) lahan terbakar. "Ada 92 lokasi yang disegel untuk kasus karhutla tahun 2019, 7 ditetapkan sebagai tersangka korporasi," ujar Direktur Jenderal Penegakkan Hukum KLHK Rasio Ridho Sanibsaat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (6/2).

Selain itu, 25 korporasi diberikan sanksi administratif oleh KLHK. Sementara sebanyak 5 korporasi dalam proses penyelidikan.

Baca Juga: Karhutla banyak terjadi di pinggiran lahan konsesi, KLHK minta BRG kerja keras

Rasio bilang jumlah tersebut masih bisa terus berkembang. Pasalnya pengawas dan penyidik KLHK terus melakukan penegakan hukum terkait karhutla. "4 korporasi dalam proses penyusunan gugatan," terang Rasio.

Rasio bilang terdapat gugatan pidana dengan hukuman penjara dan denda hingga perdata dalam kasus karhutla. Empat kasus yang tengah disiapkan akan terdapat gugatan perdata terkait dengan ganti rugi lingkungan dan pemulihan.

Sebelumnya dalam rapat koordinasi nasional pengendalian karhutla 2020, Presiden Joko Widodo menegaskan pemberian hukuman bagi kasus karhutla. Hal itu untuk memberikan efek jera.

Motif ekonomi dinilai menjadi faktor utama dalam karhutla. Sebanyak 99% karhutla disebabkan oleh manusia dan 80% lahan yang terbakar beralih menjadi perkebunan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×