kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketua MPR: Prabowo hadiri pelantikan Jokowi-JK


Sabtu, 18 Oktober 2014 / 17:00 WIB
Ketua MPR: Prabowo hadiri pelantikan Jokowi-JK
ILUSTRASI. Teh hijau, minuman sehat yang efektif menurunkan asam urat dan kolesterol.


Sumber: Kompas.com | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan memastikan semua ketua umum partai politik akan menghadiri acara pelantikan presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/10/2014).

Menurut Zulkifli, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga akan menghadiri pelantikan Jokowi-Kalla. “Pak Prabowo, walaupun ada urusan luar negeri, mungkin Minggu malam dia kembali (ke Indonesia) sehingga Senin akan datang,” kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu (18/10/2014) seusai mengikuti gelada bersih pelantikan Jokowi-Kalla. 

Menurut Zulkifli, pihaknya telah menghubungi semua ketua umum partai politik untuk memastikan kehadiran mereka pada pelantikan Jokowi-Kalla. Selain para ketua umum partai, Zulkifli memastikan tokoh-tokoh agama akan menghadiri upacara pelantikan Jokowi-Kalla.

“Amien (Rais) kabarnya Insya Allah akan ada, semua tokoh-tokoh kita akan menyukseskan sehingga secara teknis, geladi kotor, gelada bersih, harus betul-betul berjalan bagaimana agar hikmat, sukses, ini menjadi momen bersatunya untuk kemajuan bangsa,” tutur Zulkifli. 

Politikus Partai Amanat Nasional ini memastikan tidak ada kendala berarti untuk prosesi pelantikan Jokowi-Kalla pekan depan. Hingga hari ini, hanya masalah teknis yang mungkin menjadi kendala. Zulkifli menyebut persiapan pelantikan sudah 99 persen rampung. 

Sementara itu, Prabowo hingga kini belum memastikan apakah akan menghadiri pelantikan Jokowi-Kalla atau tidak. Sebagian pendukungnya mendesak Prabowo untuk tidak hadir. 

Menurut Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, tidak ada keharusan bagi Prabowo untuk menghadiri prosesi pelantikan. Pada 2004 dan 2009, kata dia, Prabowo juga tidak menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden ketika itu.

Pelantikan Jokowi-JK akan digelar pada Senin (20/10/2014) pagi. Sejumlah tokoh nasional dan pimpinan atau utusan khusus negara sahabat akan hadir pada pelantikan itu. 

Perwakilan negara sahabat yang akan hadir menurut geladi bersih di antaranya Sultan Brunei Darussalam, Presiden Demokratik Timor Leste, Perdana Menteri Papua, Perdana Menteri Singapura, Perdana Menteri Australia, Perdana Menteri Malaysia, dan utusan khusus Pemerintah Jepang. 

Semua anggota MPR juga diharapkan hadir, termasuk semua ketua umum partai politik yang memiliki kursi di parlemen. Mereka diundang dan diharapkan dapat menghadiri acara pelantikan tersebut. (Icha Rastika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×