kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketua DPR terima usulan nama calon dewan pengawas SWF


Rabu, 20 Januari 2021 / 18:01 WIB
Ketua DPR terima usulan nama calon dewan pengawas SWF
Ketua DPR Puan Maharani berbincang dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel dan Azis Syamsuddin usai menggelar pertemuan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, DPR telah menerima usulan tiga nama calon anggota dewan pengawas (Dewas) Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) dari pemerintah. Ketiga nama yang diusulkan itu adalah Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari. 

Ketiga nama tersebut berasal dari kalangan profesional yang ditunjuk atau diajukan oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Sesuai mekanisme, DPR akan berkirim surat kepada Presiden untuk dapat menerima usulan tiga nama calon anggota Dewas LPI,” ungkap Puan dalam keterangan resminya, Rabu (20/1).

Ketua DPR RI bersama dengan pemerintah telah membahas nama-nama anggota Dewas LPI yang diajukan di Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen Jakarta, Rabu (20/1) siang.  

“Tiga nama itu yang dipilih Presiden sebagai calon Dewas Independen LPI.  Maka sesuai dengan aturan dan mekanisme bahwa Presiden berkirim surat untuk melakukan rapat konsultasi dengan DPR. Sehingga hari ini kami menerima Pansel beserta tiga orang calon anggota Dewas Independen itu,” ujar Puan.

Baca Juga: Ini 3 nama calon anggota Dewas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) usulan Jokowi

Hadir dalam pertemuan ini Ketua Pansel Menteri Keuangan Sri Mulyani didampingi empat anggota, yakni Menteri BUMN Erick Tohir, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan anggota Pansel dari unsur independen M. Chatib Basri.

Puan menegaskan DPR RI segera membalas surat yang dikirim Presiden pada 12 Januari 2021. “Intinya adalah DPR sudah melakukan mekanisme (konsultasi) dan segera berkirim surat kepada Bapak Presiden untuk dapat menerima tiga nama calon anggota Dewas LPI yang sudah diusulkan presiden,” ucap Puan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani  yang juga menjabat Ketua Pansel Dewan Pengawas SWF menyatakan pihaknya sudah melakukan seleksi calon anggota Dewas secara terbuka dan kredibel. 

Menurut Sri Mulyani, dari enam nama hasil seleksi yang diajukan, Presiden telah memilih tiga nama yang dikonsultasikan ke DPR RI. 

“Alhamdulillah, Ibu Ketua dan pimpinan DPR merasa seluruh proses adalah proper dan kualifikasi dari calonnya , tiga  yang  independen sesuai kriteria untuk menjadi  Dewas LPI dari unsur profesional,” ujar Sri Mulyani dalam jumpa pers bersama Ketua DPR Puan Maharani usai pertemuan konsultasi.

Sri Mulyani menegaskan, Presiden Joko Widodo akan menetapkan Dewas LPI setelah menerima surat dari Ketua DPR RI. Sesuai UU Cipta Kerja, Dewas LPI terdiri Menkeu sebagai Ketua dengan anggotanya adalah Menteri BUMN, serta tiga orang dari unsur profesional dan independen. 

”Selanjutnya setelah Dewas terbentuk, kita akan membentuk Dewan Direktur dan akan melaksanakan sesuai dengan misi undang-undangnya,” ungkap Sri Mulyani.

Selanjutnya: PTPP akan menawarkan aset dengan kepemilikan mayoritas kepada SWF

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×