CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kenangan anak buah soal Habibie yang murah hati dengan waktunya


Kamis, 12 September 2019 / 00:00 WIB

Kenangan anak buah soal Habibie yang murah hati dengan waktunya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Ketua Dewan Pengurus The Habibie Center Dewi Fortuna Anwar kembali mengulang ingatannya soal sosok Presiden Ketiga RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Dewi cukup dekat dengan Habibie karena sudah lebih dari 20 tahun bekerja dengan suami Hasri Ainun Besari ini. Menurut dia, Habibie terlalu murah hati. Meskipun sakit, Habibie tetap meluangkan banyak waktu untuk menemui tamu-tamunya.

"Pak Habibie ini walaupun sakit, kadang-kadang beliau ini sangat murah hati dengan waktunya. Kalau beliau berada di Jakarta, hampir setiap hari itu banyak sekali tamu dan ini yang kadang-kadang dokter kewalahan," ujar Dewi di rumah duka di Jalan Patra Kuningan XIII, Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Rabu (11/9) malam.

Baca Juga: Pesawat R80, impian BJ Habibie yang belum terwujud

Agar bisa beristirahat, kata Dewi, Habibie dibawa ke rumahsakit. Namun, bukannya istirahat, Habibie tetap menerima banyak tamu yang datang menjenguknya ke rumahsakit.

"Beliau ini, kan, tokoh bangsa. Begitu ada berita Pak Habibie masuk (rumahsakit) juga berbondong-bondong yang ke sana. Bukannya istirahat, tapi kadang-kadang beliau juga excited ya dikunjungi banyak orang," ucap Dewi.

Menurut Dewi, Habibie adalah orang yang tidak menyayangi tubuhnya sendiri. Habibie seringkali melupakan waktu untuk makan karena berbagai aktivitasnya.

"Beliau itu tidak sayang kadang-kadang dengan badannya, sejak dulu begitu. Sering lupa waktu, lupa makan. Jadi memang, beliau itu, kan, semangatnya tinggi sekali," kata Dewi.

Baca Juga: Produser: Pak Habibie senang nonton teaser dan trailer film Habibie & Ainun 3

Habibie meninggal dunia pada Rabu, pukul 18.03 WIB. Menurut putra Habibie, Thareq Kemal Habibie, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Habibie telah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak 1 September 2019. Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Penulis: Nursita Sari

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenangan Anak Buah soal Habibie yang Murah Hati dengan Waktunya"


Reporter: kompas.com
Editor: S.S. Kurniawan
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0012 || diagnostic_api_kanan = 0.0006 || diagnostic_web = 0.2332

Close [X]
×