kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemsos siapkan 3.000 paket sembako untuk korban gempa Sulteng


Senin, 01 Oktober 2018 / 18:09 WIB
Kemsos siapkan 3.000 paket sembako untuk korban gempa Sulteng
ILUSTRASI. Kerusakan akibat gempa dan tsunami di Palu


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Sosial sudah menyiapkan berbagai kebutuhan pokok untuk korban gempa di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Diketahui Kementerian Sosial adalah kementerian yang berada dibawah koordinasi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pemerintah menyiapkan kebutuhan pokok seperti tenda, dapur umum, selimut, sembako, dan sebagainya.

"Kami siapkan 3000 paket Sembako bukan beras," kata Agus Gumiwang di Jakarta seperti dikutip dari Kompas TV, Sabtu (29/9) lalu.

Selain itu, untuk upaya evakuasi sekitar 100 anggota dan relawan Tagana dari daerah-daerah penyangga Sulawesi Tengah seperti Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Makassar sudah diberangkatkan ke Palu.

"Relawan Tagana dari Kota Palu sendiri yang memang tidak terdampak mulai bekerja membantu evakuasi korban di sana," katanya.

Enam unit mobil dapur lapangan pun disiapkan guna memenuhi kebutuhan makanan untuk korban gempa dan tsunami di wilayah Palu dan Donggala.

Menurut dia, satu kali masak, satu unit mobil dapur lapangan bisa menyiapkan 2.000 nasi bungkus.

Bukan hanya logistik, Kementerian sosial pun segera mengirimkan tim untuk melakukan trauma hiling kepada para korban. "Kami juga sudah siapkan Layanan dukungan psikososial," ujarnya.

Diketahui gempa bermagnitudo 7,4 menggucang Donggala, Palu, dan sekitarnya.

Gempa tersebut pun sempat menimbulkan tsunami. Hingga saat ini belum diketahui berpa jumlah korban yang terdampak akibat bencana tersebut.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 3.000 Paket Sembako Disiapkan Kemensos Untuk Korban Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×