CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Kemenkes Perluas Layanan Telemedicine, Ini Cara Dapat Obat Covid-19 Gratis


Kamis, 17 Februari 2022 / 11:13 WIB
Kemenkes Perluas Layanan Telemedicine, Ini Cara Dapat Obat Covid-19 Gratis
ILUSTRASI. Kemenkes Perluas Layanan Telemedicine, Ini Cara Dapat Obat Covid-19 Gratis


Sumber: Sekretariat Kabinet RI,Kementerian Kesehatan RI | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pemerintah memperluas layanan pemberian obat Covid-19 gratis bagi pasien isolasi mandiri melalui telemedicine. Simak cara mendapatkan obat Covid-19 gratis melalui layanan telemedicine berikut ini.

Sasaran layanan telemedisin pemberian obat Covid-19 gratis bagi peserta isolasi mandiri diperluas. Sebelumnya pemberian obat Covid-19 gratis hanya digunakan untuk pasien yang hasil tes PCR positif. Kini layanan konsultasi dokter dan pengiriman paket obat gratis ini bisa digunakan pasien dengan hasil pemeriksaan RDT Antigen positif COVID-19.

''Kami menambahkan fitur lain di layanan telemedisin, mulai nanti sore (16/2) kita juga akan mengcover pasien yang melakukan tes lab antigen yang positif,'' kata Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji, dikutip dari website resmi Sekretariat Kabinet.

Untuk mendapatkan layanan obat Covid-19 gratis ini, pasien harus melakukan pemeriksaan RDT-Antigen di faskes atau laboratorium yang terafiliasi dengan sistem NAR Kemenkes.

Jika hasil RDT- Antigen positif, faskes dan lab pemeriksa harus menginput hasilnya ke NAR Antigen Kemenkes. Selanjutnya, pasien otomatis akan mendapatkan WA Konfirmasi. Namun apabila tidak mendapatkan WA, pasien bisa cek NIK secara manual di https://isoman.kemkes.go.id/

WA konfirmasi tersebut bisa digunakan untuk konsultasi dokter dan menebus pake obat gratis. Obat disediakan Kimia Farma dan dikirimkan oleh SiCepat. ''Saat ini kita sudah mempercepat layanan ini, sehingga maksimal 24 jam sudah sampai di rumah pasien yang melakukan isoman,'' ujarnya.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Booster Capai 7,5 Juta, Ini Lokasi Vaksinasi Terdekat Jakarta Selatan

Selain penambahan fitur, Kementerian kesehatan juga akan memperluas layanan telemedisin pemberian obat Covid-19 gratis bagi pasien isolasi mandiri ke Luar Pulau Jawa-Bali yakni Medan, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Manado dan Makassar.

Sebagai informasi, layanan telemedisin hadir untuk mempermudah pasien isoman mendapatkan layanan kesehatan dan akses obat-obatan Covid-19 gratis dengan risiko kesehatan yang minim. Saat ini total ada 17 platform yang menyediakan layanan telemedisin.

Selama periode layanan 17 Januari hingga 14 Februari 2022, tercatat ada sekitar 391.978 pasien positif COVID-19 di wilayah Jawa-Bali. Dari jumlah tersebut, 364.850 pasien mendapatkan WA konfirmasi. Dari sejumlah tersebut, sebanyak 158.075 pasien menghubungi layanan telemedisin.

Untuk paket obat, total 136.028 pasien telah menerima e-resep, dan 97% diantaranya atau 129.100 pasien melakukan tebus obat. Paket obat yang paling banyak diterima pasien adalah paket B yakni paket untuk pasien gejala ringan.

''Rata-rata paket obat paling banyak diterima pasien yang berdomisili di DKI Jakarta,'' ungkap Setiaji.

Cara mendapatkan obat Covid-19 gratis dari layanan telemedicine

Dilansir dari website Kemenkes, berikut cara mudah mendapatkan obat Covid-19 gratis saat isolasi mandiri:

  • Pasien harus melakukan tes PCR atau RDT-Antigen di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan.
  • Jika hasilnya positif / reaktif dan laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan (NAR), maka pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.
  • Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.
  • Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedicine.
  • Caranya tekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan
  • Lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis Covid-19 untuk isoman
  • Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat

Itulah cara mendapatkan obat Covid-19 gratis melalui layanan telemedicine yang kini diperluas dan dipermudah. Mari patuhi protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×