kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemhub tunjuk 16 terminal jadi pilot project


Kamis, 02 November 2017 / 14:29 WIB
Kemhub tunjuk 16 terminal jadi pilot project


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan menetapkan 16 terminal tipe A menjadi proyek percontohan rekayasa sosial. Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hindro Surahmat mengatakan, pengelolaan terminal penumpang tipe A saat ini sudah menjadi urusan pemerintah pusat.

Oleh karena itu, terminal tersebut diharapkan bisa memberikan perubahan positif baik dalam hal pengelolaan terminal maupun peningkatan pelayanan, minimal perilaku petugas terminal sebagai pelayan masyarakat. "Di sinilah bukti bahwa negara hadir untuk menciptakan kesetaraan pelayanan kepada masyarakat dalam bertransportasi," kata Hindro dalam keterangan resmi, Kamis (2/11). 

Menurutnya kebersihan, ketertiban dan kenyamanan harus menjadi indikator dalam penyelenggaraan pelayanan publik termasuk terminal.

Perubahan positif ini memerlukan banyak dukungan dari pemerintah daerah, aparat keamanan dan berbagai pihak, termasuk para stakeholder yang terlibat dalam operasional terminal, seperti petugas terminal, awak kendaraan, penumpang, operator angkutan dan pedagang di lingkungan terminal.

Telah terbit Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : SK. 4951/AJ.002/DRJD/2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kebersihan, Ketertiban dan Kenyamanan. "Termasuk di dalamnya Penanganan Kedaruratan yang merupakan perangkat rekayasa sosial budaya yang nantinya harus kita patuhi bersama," kata Hindro.

Ia berharap semua petugas terminal berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan terminal menjadi semakin baik dan angkutan bus kembali menjadi moda pilihan yang dicintai masyarakat.

Selain itu, Hindro memerintahkan kepada seluruh petugas terminal penumpang tipe A di seluruh Indonesia terutama di 16 lokasi terminal yang menjadi pilot project , untuk konsisten melaksanakan aturan yang ada secara berkesinambungan. "Buat terminal penumpang tipe A lebih berkesan positif bagi masyarakat pengguna jasa. Hilangkan kesan buruk tentang terminal," kata Hindro. 

Hindro menekankan agar para petugas terminal dapat bekerja secara profesional, berdasar standar operasional prosedur (SOP) dengan ikhlas dan kualitas. "Selalu disiplin dalam melaksanakan tugas serta hindari pungli," pungkasnya.

Berikut adalah 16 terminal yang ditetapkan sebagai pelopor pelaksana kebersihan, ketertiban dan kenyamanan di dalam terminal yaitu:
1. Terminal Tipe A Tirtonadi, Surakarta
2. Terminal Tipe A Giriadipuro, Wonogiri
3. Terminal Tipe A Bangga Bangun Desa, Cilacap
4. Terminal Tipe A Pemalang, Pemalang
5. Terminal Tipe A Pekalongan, Pekalongan
6. Terminal Tipe A Ciakar, Sumedang
7. Terminal Tipe A Sei Ambawang, Pontianak
8. Terminal Tipe A Sri Bulan, Sarolangun
9. Terminal Tipe A Ir. Soekarno, Klaten
10. Terminal Tipe A Bawen, Kab. Semarang
11. Terminal Tipe A Subang, Subang
12. Terminal Tipe A Harjamukti, Cirebon
13. Terminal Tipe A Arjosari, Malang
14. Terminal Tipe A Kertonegoro, Ngawi
15. Terminal Tipe A Terminal Terpadu Merak, Cilegon
16. Terminal Tipe A Batu Ampar, Balikpapan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×