kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,06   -1,45   -0.16%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian PUPR Menyusun Studi Kelayakan Jalan Tol Pontianak–Pelabuhan Kijing


Kamis, 15 September 2022 / 09:53 WIB
Kementerian PUPR Menyusun Studi Kelayakan Jalan Tol Pontianak–Pelabuhan Kijing
ILUSTRASI. Jalan Tol Balikpapan-Samarinda


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah menyusun feasibility study atau studi kelayakan rencana pembangunan jalan tol Pontianak–Pelabuhan Kijing.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengakui masalah pembangunan Tol Pontianak–Pelabuhan Kijing adalah dukungan pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

“Kalau nanti negara mampu memberikan dukungan, mestinya tidak masalah,” ucap Hedy dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR RI, Rabu (14/9).

Baca Juga: Ngebut Bentangkan Jalan Tol di Kalimantan dan Sulawesi

Adapun saat ini antara Kota Pontianak dengan Pelabuhan Kijing terhubung melalui ruas jalan nasional yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam perjalanan dengan rata-rata kecepatan 40 kilometer per jam. Adanya rencana Jalan Tol Pontianak–Pelabuhan Kijing akan menurunkan waktu tempuh dan menjadi akses utama dari wilayah perkotaan Pontianak sebagai pusat administratif pemerintahan menuju ke PSN Pelabuhan Kijing dan Pelabuhan Pontianak akan berperan sebagai feeder bagi Pelabuhan Kijing.

“Saat ini progress-nya sedang penyusunan feasibility study mungkin akhir tahun ini selesai dan tahun depan Amdal,” ujar Anggota BPJT Unsur Akademisi Eka Pria Anas pada Juli lalu.

Baca Juga: Sebelas Jalan Tol Baru Hingga Akhir 2022 Lima Sudah Beroperasi

Rencananya Jalan Tol Pontianak–Kijing akan dibagi menjadi dua seksi. Seksi 1 Pontianak (Batulayang)–Sei Pinyuh sepanjang 37,6 km dan Seksi 2 Sei Pinyuh–Pelabuhan Kijing sepanjang 31,83 km. Proyek ini rencananya akan menggunakan skema pendanaan Kerja sama badan usaha dengan Pemerintah (KPBU).

Untuk diketahui, Proyek Pelabuhan Kijing/Tanjung Pura yang berada di wilayah Kabupaten Mempawah yang terletak 80 km di utara Kota Pontianak. Pelabuhan Kijing merupakan salah satu proyek strategis nasional yang dikembangkan menjadi pelabuhan berstandar internasional terbesar di Kalimantan dan akan menjadi pusat smelter, aspal, distribusi CPO, bauksit dan transshipment bahan bakar serta dirancang untuk memberikan kemudahan berbisnis one stop service bagi para investor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×