kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian Agama mengimbau umat Islam agar melaksanakan ibadah ramadan di rumah


Jumat, 10 April 2020 / 15:27 WIB
Kementerian Agama mengimbau umat Islam agar melaksanakan ibadah ramadan di rumah
ILUSTRASI. Ilustrasi syariah. KONTAN/Muradi/2016/11/24


Sumber: TribunNews.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin mengimbau, umat Islam tetap berada di rumah selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Kebijakan tersebut disampaikan Kementerian Agama untuk mencegah penyebaran virus corona yang kini masih belum terselesaikan.

"Umat Islam di seluruh Indonesia diimbau agar dalam melaksanakan ibadah, baik sholat dan segala aktivitas yang terkait dengan datangnya bulan suci Ramadhan, diharapkan untuk tetap berada di rumah," ujar Kamaruddin, dikutip dari YouTube BNPB, Jumat (10/4/2020).

Baca Juga: Pembatasan sosial berskala besar hambat kenaikan harga pangan jelang Ramadan

Meski melaksanakan ibadah di rumah, Kemenag mengimbau untuk tetap menjalankannya sesuai dengan fikih puasa. Kamaruddin mengatakan, kegiatan yang mengumpulkan massa saat di bulan Ramadhan seperti buka bersama, Nuzulul Qur'an, dan tadarus Qur'an di Masjid, sementara ditiadakan. Masyarakat diminta untuk melakukan kegiatan tadarus di dalam rumah masing-masing.

Selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, masyarakat diminta tetap mematuhi kebijakan dari pemerintah. Masyarakat harus menjaga jarak fisik, untuk mencegah penularan virus corona. "Seluruh umat Islam di Indonesia diharapkan tetap menjaga bersama physical distancing, dan berperan bersama dalam memerangi Covid-19 ini," imbau Kamaruddin.

Baca Juga: Sebanyak 72.000 hand sanitizer terjual dalam 42 menit di Tokopedia

Ia menjelaskan, kebijakan menjalankan ibadah dari rumah ini tidak akan mengurangi pahala, karena dilaksanakan dalam kondisi darurat.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Kemenag Minta Semua Ibadah Ramadan Dilakukan di Rumah, Buka Bersama Ditiadakan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×