kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementan Diminta Pastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok Tak Hanya Jelang Lebaran


Sabtu, 30 April 2022 / 13:35 WIB
Kementan Diminta Pastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok Tak Hanya Jelang Lebaran
ILUSTRASI. Pedagang sayur mayur terlelap menunggu pembeli di Pasar Senen Jakarta, Jumat (22/6). Kementan Diminta Pastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok Tak Hanya Jelang Lebaran.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan bahan pokok khususnya pangan terpenuhi selama periode Ramadhan  hingga Lebaran tahun ini di 34 provinsi.

Direktur Eksekutif Research Oriented Development Analysis (RODA) Institut Ahmad Rijal Ilyas berharap, ketersediaan bahan pokok tersebut, tidak hanya terpenuhi di hari raya saja, namun bisa untuk selamanya.

“Saya berharap ini tidak jadi momentum pada saat hari-hari besar saja, namun dalam situasi dan kondisi apapun ketersediaan bahan pokok di masyarakat tetap terjaga dan harga tentu dapat stabil,” tuturnya dalam keterangan tertulis yang dihimpun kontan.co.id, Sabtu (30/4).

Baca Juga: Pengembangan Industri Hilir Sawit

Meski begitu, Ia mengapresiasi kinerja pemerintah khususnya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok jelang hari raya Idul Fitri 2022. Menurutnya, bahan pokok merupakan issue yang penting dikalangan masyarakat.

Tak hanya itu, lanjut Rijal, gerak cepat Kementan dalam melakukan antisipasi dan gejolak di berbagai daerah juga sangat sigap, terbukti melalui operasi pasar yang dilakukan untuk menjaga ketersediaan 12 Bahan pokok di daerah yang minim pasokan bahan pokok dapat diatasi.

Adapun, Rizal menghimbau untuk para pedagang, tidak mengambil keuntungan lebih saat momentum saat ini, agar fluktuasi harga tetap terjaga.

Baca Juga: Pemerintah Akhirnya Melarang Juga Ekspor CPO

“Dimohon kepada para pedagang untuk tidak mengambil keuntungan lebih, ambil keuntungan sewajarnya saja, sehingga pedagang tetap dapat untung, masyarakat tetap dapat membeli dengan harga yang wajar,” imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×