kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenhub Siapkan Roadmap Penanganan Zero ODOL


Rabu, 01 Februari 2023 / 20:28 WIB
Kemenhub Siapkan Roadmap Penanganan Zero ODOL
ILUSTRASI. Kemenhub tengah menyiapkan roadmap untuk penanganan Zero Over Dimension Over Load (ODOL).(KONTAN/Baihaki)


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan roadmap untuk penanganan Zero Over Dimension Over Load (ODOL) atau muatan berlebihan yang menyebabkan tingginya kecelakaan lalu lintas. 

"Kita tengah siapkan roadmap ada jangka pendek, menengah dan panjang," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI, dipantau secara daring, Rabu (1/2). 

Hendro mengatakan roadmap ini nantinya akan menjadi tanggung jawab bersama lintas sektoral mulai dari Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian dalam negeri, hingga Kementerian Agraria dan Tata Ruang. 

Hendro menilai, penuntasan persoalan ODOL tidak bisa hanya dilakukan oleh Kementerian Perhubungan dan satuan polisi lalu lintas. Agar Indonesia dapat menuju Zero ODOL menurutnya perlu kerjasama banyak pihak.

Baca Juga: Larangan ODOL Bakal Diterapkan, Begini Tanggapan Kemenperin  

"Kalau ibarat kata, Polri dan Perhubungan darat hanya ujung tombaknya saja, tapi tekanan dari dalam luar biasa. Makanya, kita ingin libatkan banyak kementerian," jelas Hendro. 

Tahun ini, pihaknya menargetkan agar penyusunan roadmap dapat segera rampung. Hingga pada tahun 2024 nanti diharapkan Indonesia dapat terbebas dari persoalan ODOL atau menuju Zero ODOL. 

"Kita menghimpun data tahun ini, kami punya langkah langkah untuk menyelesaikannya dan tahun 2024 kita bisa berjalan Zero ODOL," tutur Hendro. 

Sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, penerapan Zero ODOL tahun masih akan didiskusikan guna menyelesaikan sejumlah kendala dan untuk melakukan tahapannya. 

"Yang ODOL kita sedang melakukan diskusi untuk melakukan pentahapan. Mungkin bulan ini, atau bulan apa, nanti diskusi ini kami laporkan. Atau dari Komisi V kalau ada perwakilan, ikut dalam diskusi itu," ujar Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×