kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenhub Percepat Pembangunan Infrastruktur Transportasi di Sumbagsel


Minggu, 17 April 2022 / 11:42 WIB
Kemenhub Percepat Pembangunan Infrastruktur Transportasi di Sumbagsel
ILUSTRASI. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Kemenhub akan mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi di Sumatra bagian Selatan (Sumbagsel).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung upaya akselerasi konektivitas di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dengan membangun infrastruktur transportasi melalui skema pendanaan kreatif (creative financing) baik melalui kerja sama dengan BUMN maupun swasta. Wilayah Sumbagsel terdiri dari lima provinsi yakni Sumsel, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung dan Lampung.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sejumlah pembangunan infrastruktur transportasi yang tengah dilakukan melalui skema pendanaan kreatif di Sumbagsel diantaranya pelabuhan Tanjung Carat di Sumsel, Pelabuhan Panjang di Lampung, dan Pelabuhan Ujung Jabung di Jambi.

“Saya dan Pak Erick (Menteri BUMN) kompak untuk membangunnya tidak pakai APBN. Begitupun dengan Bu Menkeu, bahwa kita menggalakkan swasta untuk aktif membangun infrastruktur yang potensial ini. Kalau ada swasta yang sudah masuk, baru saya sampaikan ke Menteri PUPR untuk membangun akses jalannya,” ujar Budi dalam siaran pers, Minggu (17/4).

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Antisipasi di Jalur Mudik Bekasi-Semarang dan Merak-Bakauheni

Untuk meningkatkan konektivitas dari dan menuju Provinsi Bengkulu akan dioptimalkan melalui pembangunan tol laut yang biayanya akan lebih rendah dibandingkan membangun infrastruktur kereta api.

Budi menambahkan, secara konsep kereta api memang akan menghubungkan antara Jambi ke Bengkulu. Namun pembangunan jalur kereta api disana nantinya harus melalui Bukit Barisan. "Oleh karenanya solusinya adalah dengan membuat tol laut,” ujarnya.

Selain itu, Budi mengatakan, Kemenhub akan mengintensifkan Pelabuhan Mesuji untuk meningkatkan konektivitas logistik kearah Bangka Belitung. "Sementara jembatan belum jadi, konektivitas di Bangka Belitung dan Sumsel juga akan diintensifkan menggunakan kapal penyeberangan roro,” kata Menhub.

Baca Juga: Musim Mudik Makin Dekat, Menhub: Akan Ada Simulasi Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Tol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×