CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Kemenhub, Jasa Raharja, Pemprov Jateng Gelar Mudik 2022 Gratis, Ini Cara Daftarnya


Selasa, 12 April 2022 / 08:08 WIB
Kemenhub, Jasa Raharja, Pemprov Jateng Gelar Mudik 2022 Gratis, Ini Cara Daftarnya
ILUSTRASI. Kemenhub, Jasa Raharja, Pemprov Jateng Gelar Mudik 2022 Gratis, Ini Cara Daftarnya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Siap-siap mengikuti mudik Lebaran tahun 2022. Sejumlah instansi akan menggelar mudik gratis tahun 2022. Berikut cara dan syarat daftar mudik gratis 2022.

Presiden Joko Widodo telah mengizinkan mudik Lebaran 2022. Mudik Lebaran tahun 2022 ini diperkirakan akan ramai karena sudah dua tahun mudik dilarang akibat pandemi Covid-19.

Untuk memfasilitasi perjalanan pemudik, sejumlah instansi menggelar mudik gratis tahun 2022. Instansi yang dipastikan menggelar mudik gratis 2022 antara lain Kementerian Perhubungan, PT Jasa Raharja, dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Lalu, bagaimana cara daftar dan syarat mudik gratis 2022?

Dilansir dari Kompas.com, berikut instansi yang melaksanakan mudik gratis 2022 beserta cara dan syarat pendaftarannya

1. Jasa Raharja

PT Jasa Rajarja akan menggelar mudik Lebaran 2022 gratis bagi masyarakat umum, dengan kuota 10.500 orang ke sejumlah daerah. Bagi masyarakat yang berminat mendaftar, pendaftaran sudah dibuka sejak 9 April dan ditutup pada 15 April 2022.

Jadwal keberangkatan mudik Lebaran gratis 2022 di Jasa Raharja akan dilaksanakan pada 27 April-1 Mei 2022.

Proses pendaftaran mudik Lebaran gratis 2022 di Jasa Raharja dilakukan secara online melalui laman mudik.jasaraharja.co.id dan aplikasi mobile JRku khusus untuk moda kereta api. Namun, pendaftar harus memenuhi beberapa syarat mudik Lebaran gratis 2022 berikut:

  • Memiliki sepeda motor dan SIM C
  • Satu orang pendaftar dapat mengajak maksimal 4 orang dewasa (di atas 3 tahun)
  • Pendaftar dan calon peserta harus mempunyai hubungan keluarga dan dibuktikan dengan Kartu Keluarga atau Surat Nikah atau Akta Lahir Surat Nikah atau Akta Lahir
  • Peserta hanya diizinkan mendaftar satu kali

Dokumen-dokumen syarat mudik Lebaran gratis 2022 Jasa Raharja

  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Jasa Raharja yang sudah menerima vaksinasi dosis ketiga atau booster, tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen saat berangkat.
  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Jasa Raharja yang mendapatkan vaksinasi dosis kedua harus menunjukkan hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu 3x24 jam atau tes antigen dalam kurun waktu 1x24 jam.
  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Jasa Raharja yang baru mendapat vaksin dosis pertama, wajib menyertakan hasil negatif PCR yang diambil dalam waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Baca Juga: Anggaran Ditambah Rp 10 M, Ini Link & Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2022

2. Kementerian Perhubungan RI

Kementerian Perhubungan (Kemenuh) juga menyediakan layanan mudik Lebaran 2022 gratis bagi masyarakat umum, dengan kuota 10.500 pemudik. Bagi masyarakat yang berminat mendaftar mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub, pendaftaran dibuka pada 10-24 April 2022 melalui laman mudikgratishubdat.dephub.go.id.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi apabila ingin mendaftar mudik gratis Kemenhub 2022:

  • Wajib mempunyai dokumen kependudukan, seperti KTP dan KK
  • Sudah menerima vaksin booster
  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub yang mendapatkan vaksinasi dosis kedua harus menunjukkan hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu 3x24 jam atau tes antigen dalam kurun waktu 1x24 jam
  • Bagi pemudik yang baru mendapat vaksin dosis pertama, wajib menyertakan hasil negatif PCR yang diambil dalam waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan
  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub yang belum menerima vaksin, harus menyertakan hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan dan surat keterangan tidak bisa menerima vaksin dari rumah sakit pemerintah
  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub yang membawa anak wajib menyertakan KK
  • Seluruh peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub wajib mengunduh PeduliLindungi
  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub yang tidak memiliki hp, wajib membawa bukti fisik kartu vaksin

Jadwal keberangkatan mudik gratis ini akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu 28-29 April 2022. Pada 28 April 2022, layanan mudik gratis 2022 akan berangkat dari Terminal tipe A di Bogor, Depok, dan Tangerang. Sementara keberangkatan layanan mudik gratis pada 29 April 2022 dari Terminal tipe A di Jakarta.

3. Pemprov Jawa Tengah

Mengutip Kompas.com, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan mudik gratis pada Idul Fitri tahun ini bagi warganya di perantauan setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya permintaan terkait mudik gratis dari masyarakat.

Ganjar mengatakan mudik gratis Lebaran tahun 2022 ini akan kembali diadakan tapi dengan dana yang terbatas. "Ada masyarakat yang banyak menyampaikan kepada saya ‘Pak Gubernur ada mudik gratis enggak?’, pemprov menyiapkan tapi hanya sedikit sekali bisnya. Sebenarnya kita mau batalkan tapi karena sangat antusias maka ini saya hidupkan,” kata Ganjar usai memimpin rapat di kantornya, Senin (11/4/2022).

Ini Artinya Ganjar bakal menggandeng, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam pelaksanaan mudik gratis Lebaran 2022. “Yuk sodara-sodara kita yang mau mudik kita antarkan mereka ke tempat masing-masing yuk. Kita bantu mereka yuk, sehingga mereka akan bisa kembali selamat nyaman,” ujarnya.

Dengan adanya mudik gratis Lebaran diharapkan tak hanya akan membangun suasana spiritualitas dan mempererat hubungan relasi keluarga akan tetapi ekonomi juga akan bergerak. Sebab, menurutnya, aturan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) sudah jelas terkait tunjangan hari raya (THR) yang harus segera dicairkan oleh perusahaan.

Selain itu, Ganjar mengajak para bupati dan wali kota di Jawa Tengah untuk memperhatikan warganya di perantauan yang akan mudik. “Sehingga momentum mudik itu juga menjadi pengungkit ekonomi. Nah saya ajak para bupati wali kota juga yuk kita openi, kita perhatikan warga kita diperantauan yang hendak mudik sambil menjaga prokes. Ini (mudik) permintaannya agak banyak, mungkin sudah kangen ya udah dua tahun,” jelas Ganjar.

 

(Sumber: Kompas.com/Alinda Hardiantoro/Diva Lufiana Putri/Riska Farasonalia)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×