kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemendikbud Ristek gandeng sejumlah institusi didik generasi muda jadi pengusaha


Kamis, 28 Oktober 2021 / 21:42 WIB
Kemendikbud Ristek gandeng sejumlah institusi didik generasi muda jadi pengusaha
ILUSTRASI. Tokopedia menghadirkan dua inisiatif untuk mendukung Program Kampus Merdeka besutan Kemendikbud Ristek RI. Kemendikbud Ristek gandeng sejumlah institusi didik generasi muda jadi pengusaha.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, bersama Surge, sebuah program untuk startup tahap awal dari Sequoia India and Southeast Asia mengumumkan sebuah kolaborasi untuk membekali pengusaha generasi baru di Indonesia dengan pengetahuan dan bimbingan yang dibutuhkan untuk memulai dan mengembangkan usaha mereka. 

Fokusnya adalah membangun topik-topik yang berhubungan dengan startup dan kewirausahaan menjadi modul untuk kurikulum perguruan tinggi dan menyediakan bimbingan untuk para mahasiswa yang ingin memulai usaha mereka sendiri.

Inisiatif ini akan dimulai dengan peluncuran sebuah buku 70 halaman dengan judul ‘Founder Starter Pack’ yang berisikan panduan praktis tentang membangun perusahaan untuk para founder startup. Buku ini dicetak dalam versi bahasa Inggris dan Indonesia dan menjadi buku pertama yang diterbitkan oleh Sequoia India and Southeast Asia, akan tersedia untuk mahasiswa dan founder startup di Indonesia. 

Topik- topik yang diangkat meliputi penilaian ukuran pasar dan struktur industri, mendapatkan product market fit, penyempurnaan model bisnis, memahami dan melacak metrik keuangan, dan menawarkan kepada investor.

Baca Juga: Buka sscasn.bkn.go.id, pemilihan formasi PPPK Guru 2021 tahap 2 dimulai

Dengan populasi 270 juta penduduk, yang mayoritas sudah ramah digital, dengan nilai ekonomi US$ 1 triliun, ekosistem startup di Indonesia memasuki tahap perkembangan dan inovasi baru dan sedang berjalan menuju sebuah ekonomi digital global.

Indonesia sedang mengalami perkembangan dan pertumbuhan pesat pada aspek talent, infrastruktur dan permodalan selama beberapa tahun terakhir dan pemerintah Indonesia mengambil langkah lebih lanjut untuk mendidik anak-anak muda Indonesia tentang kewirausahaan. 

Peluncuran Founder Starter Pack ini yang memanfaatkan pengalaman global selama bertahun-tahun baik dari Sequoia maupun para pendirinya adalah salah satu inisiatif pertama untuk mencapai tujuan ini.
 
“Dengan buku ini, kami berharap para pengusaha muda dapat merancang dan menjalankan usaha yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan semangat membangun negara, mari ciptakan inovasi dan bergerak bersama mewujudkan pembelajaran mandiri,” ujar Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi .

Baca Juga: Penting buat pemburu beasiswa, ini tips jitu membuat motivation letter beasiswa




TERBARU

[X]
×