kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemendag Targetkan Perundingan Dagang RI-Eurasia Rampung Tahun Depan


Rabu, 23 Agustus 2023 / 10:47 WIB
Kemendag Targetkan Perundingan Dagang RI-Eurasia Rampung Tahun Depan
Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga dan Kepala Sekretariat Anggota Dewan (Menteri) Bidang Integrasi dan Ekonomi Makro, Komisi Ekonomi Eurasia (Eurasian Economic Commission/EEC) Andrey Diansky usai perundingan putaran-2 IEAEU FTA.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perdagangan menargetkan perundingan dagang Indonesia Eurasia (Indonesia-Eurasian Economic Union Free Trade Agreement/IEAEU FTA) rampung tahun depan. 

Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga mengatakan pemerintah sudah melakukan perundingan putaran ke-2. Menurutnya dalam proses tersebut berlangsung lancar sehingga IEAEU FTA dipastikan selesai sesuai target. 

"Indonesia optimistis perundingan IEAEU FTA dapat selesai sesuai target pada 2024. Diharapkan implementasi IEAEU FTA akan meningkatkan hubungan ekonomi bilateral secara signifikan," kata Jerry dalam keteranganya, Selasa (22/8). 

Baca Juga: Ini capaian diplomasi ekonomi Indonesia selama empat tahun terakhir

Adapun perundingan putaran ke 2 digelar di sela-sela rangkaian Pertemuan ke-55 para Menteri Ekonomi ASEAN (55th ASEAN Economic Ministers/AEM Meeting). 

Jerry mengatakan, pihaknya juga membahasa tindak lanjut Memorandum of Cooperation (MoC) Indonesia- European Economic Community (EEC), termasuk rencana Pertemuan Pertama Joint Working Group (JWG) Indonesia-EEC. 

MoC adalah landasan kerja sama teknis di beberapa sektor kepentingan bersama.

Jerry mengatakan Indonesia mendukung berbagai inisiatif peningkatan ekonomi, termasuk kerja sama teknis yang dapat bersifat komplementer dengan negosiasi FTA. 

"Kami mengusulkan agar kerja sama yang teridentifikasi nantinya dikonsolidasi ke dalam Bab Kerja Sama Ekonomi di bawah perundingan," jelas Jerry. 

EAEU terdiri dari Armenia, Belarusia, Kazakhstan, Kirgistan, dan Rusia. EAEU adalah mitra dagang nonmigas tujuan ekspor ke-27 dan asal impor ke-16. 

Berdasarkan data yang diolah Kementerian Perdagangan, total perdagangan Indonesia-EAEU pada 2022 sebesar US$ 4,4 miliar dan mencatat kenaikan sebesar 30,5% dibanding pada 2021.

Adapun nilai investasi EAEU di Indonesia pada 2022 mencapai US$ 31,4 juta, atau naik 35,3% dibanding 2021. Nilai tersebut tersebar dalam 500 proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×