kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,16   -2,35   -0.26%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemendag akan melakukan hal ini untuk menekan harga gula yang masih tinggi


Kamis, 11 Juni 2020 / 15:25 WIB
Kemendag akan melakukan hal ini untuk menekan harga gula yang masih tinggi


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan meningkatkan penyaluran untuk menekan harga gula. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto bilang masalah distribusi menjadi kendala dalam penyaluran gula.

Tidak hanya di dalam negeri, saat mendatangkan gula impor pun terhambat masalah pengiriman. "Kita sudah pesan biasanya masuk dalam waktu 1 bulan ini bahkan terjadi 2 bulan hingga 3 bulan," ujar Agus saat menyampaikan keterangan pers, Kamis (11/6).

Baca Juga: Harga lelang merosot, APTRI tagih janji revisi HPP gula

Terhambatnya distribusi disebabkan pandemi global virus corona (Covid-19). Masa puasa dan lebaran kemarin juga ikut menambah keterlambatan distribusi di dalam negeri.

Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto terjadi perbedaan harga di Indonesia bagian barat dan timur. Beberapa provinsi di Indonesia barat sudah mencapai harga sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 12.500 per kilogram (kg).

Meskipun ada pula yang masih berkisar di angka Rp 13.500 per kg hingga Rp 14.000 per kg. Sedangkan di Maluku, harga gula masih sebesar Rp 16.000 per kg.

"Harga rata-rata gula sudah di Rp 15.000 per kg, memang belum mencapai HET tetapi secara umum dibandingkan bulan lalu penurunan sudah sangat jauh," terang Suhanto.

Baca Juga: Malaysia menghapus biaya ekspor, harga CPO perlahan merangkak naik

Oleh karena itu, penyaluran pasokan terus dilakukan Kemendag terutama di ritel modern yang menjual gula sesuai HET. Sementara di pasar tradisional memang masih terdapat pedagang yang menjual dengan harga di atas HET.

Harga beli saat kondisi mahal menjadi alasan pedagang belum menurunkan harga. Oleh karena itu Kemendag akan meningkatkan penyaluran termasuk dengan melakukan operasi pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×