kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45959,76   16,42   1.74%
  • EMAS945.000 -0,21%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Kemenag: Sebanyak 1.023 Jemaah Umrah Telah Diberangkatkan ke Arab Saudi


Kamis, 13 Januari 2022 / 12:08 WIB
Kemenag: Sebanyak 1.023 Jemaah Umrah Telah Diberangkatkan ke Arab Saudi
ILUSTRASI. Sejumlah calon jamaah umrah berjalan sebelum menaiki pesawat di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. ANTARA FOTO/Fauzan/aww.

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, pelaksanaan pemberangkatan jemaah umrah telah mulai dilakukan pada 8 Januari 2022. Catatan Kementerian Agama (Kemenag) lebih dari 1.000 jemaah umrah telah diberangkatkan ke Arab Saudi.

“Sampai dengan hari selasa 11 Januari 2022 telah diberangkatkan jemaah umrah ke Arab Saudi sebanyak 1.023 jemaah, dengan 870 jemaah diantaranya yang melakukan screening kesehatan di Asrama Haji Jakarta,” kata Zainut dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Kamis (13/1).

Zainut menerangkan, jemaah yang berangkat dari Asrama Haji Jakarta menggunakan dua maskapai penerbangan langsung yakni Lion Air dan Saudi Arabia Airlines. Serta satu maskapai penerbangan transit yakni Emirates Airlines di negara ketiga dan sebagian besar merupakan jemaah yang tertunda keberangkatannya akibat pandemi Covid-19.

Adapun satu penerbangan yang jemaahnya dilakukan screening kesehatan di luar Asrama Haji Jakarta menggunakan 1 maskapai penerbangan transit yakni Qatar Airlines. Disamping itu, terdapat juga jemaah yang diberangkatkan tidak melalui One Gate Policy.

Baca Juga: Umrah Dibuka, ABT Travel Teken Kontrak Hotel Baru di Mekah dan Madinah

Zainut menyatakan, sebelum keberangkatan jemaah umrah dari Asrama Haji Jakarta, Kementerian Agama selalu memberikan edukasi agar jemaah senantiasa mentaati seluruh protokol kesehatan yang diberlakukan kedua negara. Serta menjadikan kesempatan umrah masa pandemi sebagai barometer penyelenggaraan ibadah haji 1443H/2022.

Dia mengatakan, seluruh jemaah sebagaimana di atas telah sampai di Arab Saudi dan tengah menjalani karantina institusional selama 5 hari mulai dari saat kedatangan. “Informasi dan laporan dari PPIU bahwa hasil PCR pertama saat karantina kedatangan jemaah di Arab Saudi, seluruhnya negatif Covid-19,” ucap Zainut.

Zainut mengatakan, Kementerian Agama telah mengirimkan surat kepada Kepala BNPB yang juga Kepala Satgas Covid-19 agar Asrama Haji Jakarta dapat digunakan sebagai alternatif lokasi karantina pelaku perjalanan luar negeri khusus bagi jemaah umrah.

Baca Juga: Belum Termasuk Karantina, Biaya Umrah di Rp 28 Juta

Survei kelayakan Asrama Haji Jakarta sebagai lokasi karantina telah dilakukan oleh tim pakar BNPB pada tanggal 26 November 2021. Prosedur administrasi tengah diupayakan agar karantina kepulangan jemaah umrah dapat dilakukan di Asrama Haji Jakarta.

Jemaah umrah yang diberangkatkan pada tanggal 8 Januari 2022 rencana akan kembali ke tanah air pada 17 Januari 2022. “Kami berharap BNPB telah menyetujui penggunaan Asrama Haji Jakarta sebagai lokasi karantina kepulangan jemaah umrah sebelum tanggal 17 Januari 2022,” tutur Zainut.

Selanjutnya: BRI Perkuat Lanskap Digital Banking

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Belajar Lagi Mastering Leadership in Megatrends 2022

[X]
×