kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kemdag jalin kerja sama dengan Dekranas DKI Jakarta dan UMN


Kamis, 09 Mei 2019 / 18:46 WIB
Kemdag jalin kerja sama dengan Dekranas DKI Jakarta dan UMN

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemdag) melalui Indonesia Design Development Center (IDCC) menjalin kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta dan Universitas Multimedia (Nusantara). Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah produk ekspor.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda mengatakan, kerja sama antara Kemdag dan Dekranas DKI Jakarta bertujuan untuk memberi pendampingan bagi para pelaku usaha binaan Dekranasda DKI Jakarta. Tak hanya itu, adanya kerja sama ini diharapkan dapat melibatkan desainer-desainer yang ada di perguruan tinggi untuk dapat bergabung dengan IDDC.


Melalui kerja sama ini, diharapkan akan menghasilkan produk-produk berbasis desain dan komunikasi visual yang memiliki nilai tambah. Tak hanya itu, Kemdag juga berharap adanya kerja sama ini dapat meningkatkan ekspor nasional.

"Kalau kita ekspor itu kan harus ada diversifikasi pasar dan diversifikasi produk. Diversifikasi produk inilah yang ingin kita kembangkan. Kita bisa menghasilkan produk-produk yang bernilai tambah lainnya sehingga bisa ikut secara langsung menunjang ekspor non migas," tutur Arlinda, Kamis (9/5).

Arlinda mengakui saat ini produk-produk kerajinan nasional banyak diekspor ke China, Amerika, Jepang, India dan Singapura. Saat ini pemerintah pun tengah membidik pasar non tradisional lainnya seperti Asia Selatan.

"Produk dekranas ini mempunyai potensi yang cukup besar untuk bisa masuk Bangladesh, Sri Lanka atau masuk ke India. Pasar di timur tengah juga demikian," terang Arlinda.

Sebagai salah satu upaya untuk menggenjot ekspor, Kemdag pun kerap melakukan promosi dengan melaksanakan pameran di dalam negeri atau di luar negeri. Kemdag pun turut melakukan berbagai misi dagang ke berbagai negara.




TERBARU

Close [X]
×