kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kata Satgas Pangan Polri, Ini Penyebab Stok Minyak Goreng Kosong di Minimarket


Senin, 07 Februari 2022 / 19:01 WIB
Kata Satgas Pangan Polri, Ini Penyebab Stok Minyak Goreng Kosong di Minimarket
ILUSTRASI. Rak penyimpanan minyak goreng terlihat kosong diborong pembeli di sebuah supermarket di Bekasi, Jawa Barat. Menurut Satgas Pangan Polri, ini penyebab stok minyak goreng kosong di minimarket. KONTAN/Cheppy A. Muchlis.


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satgas Pangan Polri mengecek ketersedian, distribusi, dan harga minyak goreng di ritel modern besar dan kecil di wilayah Jabodetabek pada Sabtu (5/2). Ini penyebab stok minyak goreng kosong di minimarket, menurut Kepolisian.

Wakil Kepala Satgas Pangan Polri Brigjen Whisnu Hermawan mengungkapkan, stok minyak goreng di mayoritas ritel modern kecil cenderung kosong. "Seperti Indomaret dan Alfamart, mayoritas ketersediaan kosong," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (7/2).

Menurut Whisnu, alasan kekosongan stok minyak goreng tersebut akibat keterlambatan pengiriman dari distributor. "Dan tingginya antusias masyarakat untuk membeli minyak goreng," ungkap dia.

Dalam rangka mengendalikan tingginya permintaan masyarakat terhadap minyak goreng, pembelian di ritel modern kecil dibatasi sebanyak satu liter. 

Baca Juga: Program B30 Bikin Harga Minyak Goreng Meroket?

Whisnu mengatakan, harga minyak goreng di ritel modern besar dan kecil sudah sesuai harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp 14.000 per liter untuk kemasan premium. 

"Pada ritel-ritel modern besar, seperti Lotte Mart dan Hypermart, ketersediaan minyak goreng masih mencukupi atau aman. Distribusi dari distributor lancar," ucapnya. 

Satgas Pangan Polri, Whisnu menambahkan, akan berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan untuk mengetahui hambatan implementasi kebijakan harga minyak goreng sesuai jenis, kebijakan terkait DMO dan DPO, serta kebijakan refaksi. 

"Selain itu, melaksanakan pengecekan dan monitoring ketersediaan, distribusi dan harga minyak goreng di pasar tradisional di wilayah Jabodetabek," imbuh dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polri Sebut Stok Minyak Goreng di Alfamart dan Indomaret Kosong, Ini Sebabnya..."

Penulis: Rahel Narda Chaterine
Editor: Sabrina Asril

Lihat foto-foto stok minyak goreng di hipermarket masih aman, di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×