kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Covid-19 naik di 6 provinsi, Menkominfo imbau Pemda tegakkan prokes


Sabtu, 11 Desember 2021 / 20:40 WIB
Kasus Covid-19 naik di 6 provinsi, Menkominfo imbau Pemda tegakkan prokes
ILUSTRASI. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengingatkan, meskipun kondisi kasus Covid-19 pada level nasional terkendali, terdapat enam provinsi yangsempat mengalami kenaikan kasus harian signifikan dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini menjadi pengingat bahwa seluruh masyarakat Indonesia harus tetap waspada.

Adapun, enam provinsi itu yaitu Lampung, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Barat, NTT, dan Papua Barat. Menkominfo Johnny mengatakan bahwa kenaikan kasus di daerah-daerah tersebut harus menjadi pengingat bahwa risiko Covid-19 masih ada, oleh karenanya pemerintah daerah diimbau untuk tetap tegakan disiplin protokol kesehatan di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, 11 Desember: Tambah 228 kasus baru, tetap jaga prokes

"Kenaikan kasus di daerah-daerah itu harus kita hentikan sedini mungkin selagi angkanya masih kecil-kecil. Pertahankan tren penurunan kasus yang saat ini terjadi agar tidak kembali meningkat, tegas Menkominfo, Sabtu (11/12).

Menkominfo meminta pemerintah daerah mengikuti aturan inmendagri PPKM Nataru (Inmendagri No. 66/2021) dan terus melakukan pembenahan dengan meningkatkan pengawasan terhadap prokes hingga memastikan kesiapan fasilitas kesehatan.

"Jangan anggap remeh setiap kenaikan kasus, jangan tunggu besar baru bertindak. Mari kita semua awasi. Tahan kenaikan kasus dengan jaga protokol kesehatan," katanya.

Johnny memastikan saat ini pemerintah terus memperkuat vaksinasi, 3T (testing, tracing, dan treatment), dan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan). Pemerintah bergerak cepat mengidentifikasi dan melakukan intervensi demi menahan tren kenaikan.

Baca Juga: Kasus Covid-19 melandai, Presdir Aswata tetap tak mengendurkan prokes

"Tak kalah penting, pemerintah juga perkuat kinerja posko Covid-19 dan tetap menyiagakan fasilitas kesehatan untuk memutus lonjakan Covid-19 di daerah agar penanganan di tingkat desa/kelurahan tetap tinggi," ujarnya.

Di lain sisi, Menkominfo mengatakan, pemerintah terus minta masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Menurutnya, kesadaran seluruh pihak untuk mematuhi aturan PPKM sangat penting untuk mengantisipasi lonjakan kasus yang lebih tinggi dan gelombang tiga Covid-19 saat Nataru. "Jangan mengulangi kesalahan yang sama, agar aman Covid-19," ujar Johnny

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×