kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Covid-19 melonjak, pemerintah siapkan rumah sakit darurat hingga oksigen


Minggu, 04 Juli 2021 / 22:45 WIB
Kasus Covid-19 melonjak, pemerintah siapkan rumah sakit darurat hingga oksigen
ILUSTRASI. Karyawan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan menyiapkan velbed di dalam tenda darurat yang didirikan di halaman SDN 2 Cideng


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menyiapkan kebutuhan menghadapi lonjakan kasus virus corona (Covid-19). Salah satunya adalah dengan menyiapkan tempat untuk penanganan pasien Covid-19.

Di antaranya Rumah Susun Nagrak, Rumah Susun Pasar Rumput, RSDC Wisma Atlet, dan Asrama Haji.

Rumah sakit lapangan pun akan disiapkan di berbagai daerah. Sehingga lonjakan pasien nantinya akan dapat tertampung dan mendapatkan penanganan.

"Pemerintah juga mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 dengan menyiapkan rumah sakit lapangan baru di beberapa titik kritis di beberapa wilayah," ujar Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Jodi Mahardi saat konferensi pers, Minggu (4/7).

Pemerintah juga mengantisipasi kurangnya pasokan oksigen medis untuk penanganan pasien. Jodi menyebut upaya dilakukan baik dari industri dalam negeri mau pun impor.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Minggu (4/7): Tambah 27.233 kasus, patuhi selalu 5M

Selain kebutuhan oksigen, upaya pemenuhan obat untuk pasien Covid-19 pun dilakukan. Pemerintah akan mempercepat pengadaan produk farmasi dan alat kesehatan dengan didampingi oleh Kejaksaan Agung.

"Kemenkes terus berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk percepatan pemenuhan nasional," terang Jodi.

Sebagai informasi, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, hari ini penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia masih sebesar 27.233 kasus. Berdasarkan tambahan itu, total kasus aktif di Indonesia sebanyak 295.228 kasus.

Sementara itu, kasus kematian Covid-19 di Indonesia pun terus melonjak. Pada hari ini, Indonesia kembali mencatat rekor penambahan kasus kematian tertinggi dengan jumlah 555 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×