kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Kasus Covid-19 Melonjak 105% dalam Sepekan Terakhir


Selasa, 21 Juni 2022 / 20:45 WIB
Kasus Covid-19 Melonjak 105% dalam Sepekan Terakhir
ILUSTRASI. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebut dalam sepekan terakhir kasus positif Covid-19 meningkat 105% dari minggu sebelumnya. Pada minggu ini jumlah covid-19 menjadi 7.587 yang sebelumnya 3.688 pada minggu lalu.

Juru Bicara Satgas Covid -19, Wiku Adisasmito melaporkan bahwa kasus positif mingguan di Indonesia tengah mengalami kenaikan. Selanjutnya pada minggu terakhir juga terjadi kenaikan pada tingkat kematian menjadi 44 kasus kematian yang sebelumnya 28 kasus kematian pada minggu lalu.

“Meskipun jumlah ini tidak besar dibandingkan dengan jumlah kasus positif. Namun selalu saya tekankan bahwa 1 kematian saja terbilang nyawa. Dan apabila kematian sudah mengalami kenaikan maka perlu kita evaluasi bersama dan segera mitigasi agar tidak terus meningkat,” Kata Wiku dalam Konferensi Pers, Selasa (21/6).

Selain itu, dia juga menyampaikan ada kenaikan kasus bahwa positivity rate pada minggu ini menjadi 2,23% yang sebelumnya 0,33% pada minggu lalu. Kabar baiknya, positivity rate di Indonesia masih di bawah 5 % atau dapat dikatakan masih aman terkendali.

Baca Juga: UPDATE Covid-19 Indonesia, 21 Juni: Tambah 1.678 Kasus Baru, Meninggal 5

Selanjutnya, Wiku juga melaporkan bahwa ada penurunan persentase kesembuhan pada kasus Covid -19 yaitu menjadi 97,28%. Dia mengatakan angka ini harus terus didorong agar terus meningkat.

Adanya kenaikan kasus Covid-19 pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat memberlakukan testing guna memperkecil kemungkinan penularan kasus Covid -19.

“Di minggu ini jumlah orang diperiksa sebanyak 340.723 atau mencapai 126,19% dari target WHO. Angka ini mengalami peningkatan selama tiga minggu terakhir dan ke depanya perlu dipertahankan untuk terus meningkat,” tutur Wiku.

Baca Juga: Studi Baru, Penyintas Omicron Bisa Terinfeksi Covid-19 Kembali

Lebih lanjut dia juga mengingatkan agar ada perlindungan pada kelompok yang rentan dengan mengencangkan vaksinasi terutama pada penderita komorbid, anak-anak dan lansia untuk melindungi timbulnya penyakit parah akibat vaksin yang berakibat pada kematian.

Terakhir, Wiku juga kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Disiplin menggunakan masker, dan mencuci tangan dapat menjadi bekal di tengah kenaikan kasus Covid – 19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×