kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapolri: Situasi Kamtibmas Aman Terkendali Saat Hari H Pemilu


Rabu, 14 Februari 2024 / 13:57 WIB
Kapolri: Situasi Kamtibmas Aman Terkendali Saat Hari H Pemilu


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pada masa Pemilu sampai saat digelarnya pemungutan suara pada Rabu (14/2/2024) hari ini, dalam keadaan aman dan terkendali.

Meski demikian, Listyo Sigit mengatakan, aparat polisi terus bertugas menjaga sejumlah lokasi termasuk tempat pemilihan suara (TPS) hingga tahapan pemilu selesai.

"Sampai saat ini semua aman terkendali dan tentunya kita akan terus mengikuti sampai dengan rangkaian pencoblosan selsai," ujar Listyo Sigit setelah meninjau kesiapan Pasukan Pengamanan Pemilu Mantap Brata di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).

Dia mengungkapkan, Polri mendapatkan dukungan dari pihak TNI. Saat ini, jumlah keseluruhan pasukan yang disebarkan di seluruh wilayah Indonesia untuk mengamankan Pemilu mencapai 260.000 personel.

Baca Juga: Sejarah Singkat Pemilu di Indonesia dari Orde Lama hingga Reformasi

Mereka berjaga di TPS, markas komando, dan bersiaga dan siap bergerak jika terjadi gangguan keamanan.

"Jadi kita memastikan bahwa personel memahami tahapan-tahapan penggunaan kekuatan yang harus dilakukan," kata Listyo Sigit.

Pada kesempatan yang sama, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan pihaknya telah mengerahkan 90.000 prajurit di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk di Jakarta saja, Agus mengungkapkan, TNI menerjunkan 10 ribu prajurit yang mengamankan TPS dan bersiaga di pos.

Baca Juga: Hasil Quick Count Baru Boleh Diumumkan 2 Jam Usai Pemungutan Suara Kelar

"Semoga pencoblosan pada hari ini lancar, aman, tentunya didukung masyarakat," kata Agus.

Pantauan Kompas.com di Lapangan silang Monas, ratusan aparat gabungan TNI-Polri bersiaga, lengkap dengan sejumlah perlengkapan hingga mobil lapis baja.

Sebagai informasi, pada hari ini masyarakat seluruh wilayah di Indonesia mengikuti proses pemungutan suara pemilihan presiden, calon anggota DPR RI, DPRD, dan DPD.

Meski demikian, terdapat sejumlah wilayah yang mengalami bencana alam dan situasi yang tidak kondusif. Masyarakat setempat disebut dijadwalkan melakukan pemungutan suara susulan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari H Pemilu, Kapolri Sebut Situasi Kamtibmas Aman Terkendali"

 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×