kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kadin Tunggu Hasil Resmi Pilpres 2024 dari KPU


Rabu, 14 Februari 2024 / 18:51 WIB
Kadin Tunggu Hasil Resmi Pilpres 2024 dari KPU
ILUSTRASI. Kadin Indonesia mengakui hasil resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menentukan pemenang pemilu secara sah.REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memberikan apresiasi kepada seluruh pihak atas terselenggaranya Pemilihan Presiden pada 14 Februari 2024 yang berjalan dengan lancar dan damai.

Kadin Indonesia menyadari bahwa sejumlah lembaga survei telah mengumumkan hasil perhitungan cepat (quick count) dari Pemilihan Presiden 2024.

Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan, Kadin Indonesia berpegang teguh pada prinsip netralitas dalam kontestasi Pemilu 2024 dan mendukung penyelenggaraan Pemilu yang jujur, adil, dan damai. 

Baca Juga: Quick Count Pilpres 2024, Prabowo-Gibran Sementara Unggul Versi 3 Lembaga Survei

"Oleh karena itu, Kadin Indonesia mengakui hanya hasil resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menentukan pemenang pemilu secara sah," ujar Yukki dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/2).

Kadin Indonesia juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menghormati proses pemilihan umum dengan menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU dan tidak membuat kegaduhan dengan memprovokasi pihak-pihak lain. 

Kadin berharap proses pengumuman pemilu berlangsung sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi, menjunjung tinggi kejujuran, keadilan, dan perdamaian, guna menjaga stabilitas sosial, politik, dan ekonomi negara.

Kadin percaya bahwa kontestasi dalam pemilu adalah manifestasi dari proses demokrasi yang sehat. 

Selama 25 tahun, demokrasi telah menjadi warisan yang memperkuat fondasi kemajuan bangsa dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

Kadin Indonesia juga percaya bahwa visi Indonesia Emas 2045 sebagai cita-cita luhur bangsa hanya dapat dicapai melalui kolaborasi dan partisipasi aktif serta komitmen bersama seluruh elemen bangsa yang dilandasi semangat gotong royong dan persatuan.

"Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu melaksanakan pemilu dengan matang dan bertanggung jawab," jelas Yukki.

Sebagian besar lembaga survei telah merilis hasil hitung cepat (quick count). Hasilnya, pasangan calon (paslon) capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dengan persentase diatas 50%.

Baca Juga: Beri Kepastian, Gapmmi Berharap Pilpres Satu Putaran

Data Litbang Kompas per 17.30 WIB mencatat, Prabowo-Gibran meraih 58,84% suara, Anies-Muhaimin 25,22%, dan Ganjar-Mahfud 15,94%.

Sementara itu, hasil hitung cepat Charta Politika mencatat Prabowo-Gibran dengan persentase 57,76%.

Lalu, lembaga survei Indikator per 18.27 WIB mencatat Prabowo-Gibran dengan persentase 57,87%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×