CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 -0,70%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Kadin Mendorong Dunia Usaha Menerapkan ESG


Selasa, 17 Mei 2022 / 14:42 WIB
Kadin Mendorong Dunia Usaha Menerapkan ESG
Wakil Ketua Umum KADIN Koordinator Bidang Maritim, Investasi dan Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani, yang juga merupakan Ketua Penyelenggara B20 saat jumpa pers B20 Sustainability 4.0 Awards.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kamar Dagang Indonesia (Kadin) tengah mendorong penerapan environment, social, and good governance (ESG) di kalangan dunia usaha. Ini sebagai upaya dekarbonisasi dan peningkatan investasi di sektor usaha yang ramah lingkungan dan mendukung B20 sustainability.

“Investasi yang mengedepankan aspek-aspek ESG bukan lagi pilihan atau bersifat sukarela. Perilaku konsumen, pasar dan investor yang berubah mengharuskan ESG diterapkan dan ditegakkan oleh pelaku usaha dengan dukungan penuh pemerintah, demi keberlanjutan usaha,” kata Wakil Ketua Umum III Kadin Bidang Maritim Investasi dan Luar Negeri Shinta Kamdani dalam konferensi pers B20 Sustainability 4.0 Awards, Selasa (17/5)

Shinta mengatakan, penerapan ESG berpengaruh terhadap kinerja perusahaan karena ESG membawa nilai tambah bagi perusahaan, sehingga harus dikelola dengan baik. Transparansi dan integritas dalam pengelolaan akan menjamin strategi bisnis diterapkan secara efektif dan efisien.

Baca Juga: Kadin Minta Bantuan Modal bagi Pengusaha UMKM Agar Bangkit Lagi Pasca Covid-19

Sehingga, tidak mengherankan apabila investor kemudian mulai mempertimbangkan aspek ESG ini dalam mengambil keputusan investasinya. Apalagi di tingkat global, tanpa terkecuali Indonesia, pemerintah dan korporasi juga berkomitmen untuk menciptakan lingkungan hijau, salah satunya dengan komitmen dalam pengurangan emisi karbon.

Menurut Shinta, diperlukan aksi nyata, baik dari sektor publik maupun swasta untuk mencapai target sustainable development goais dan dekarbonisasi.

"Kadin menginisiasi terbentuknya Kadin Net Zero Hub, yang diharapkan dapat menjadi tempat bersama berbagi wawasan, berbagi informasi, berbagi pengetahuan, berbagi sumber daya, berbagi alat, untuk perusahaan. Bahkan untuk UMKM yang ingin terlibat dalam upaya net zero," kata Shinta.

Baca Juga: Pengusaha Minta Insentif Pajak Diperpanjang Hingga Pandemi Selesai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×