kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jusuf Kalla prediksi panic buying karena virus corona hanya berlangsung sepekan


Rabu, 04 Maret 2020 / 14:03 WIB
Jusuf Kalla prediksi panic buying karena virus corona hanya berlangsung sepekan
ILUSTRASI. Warga membeli masker di Pasar Pramuka, Jakarta, Senin (2/3). Jusuf Kalla prediksi panic buying karena virus corona hanya berlangsung sepekan. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla memprediksi panic buying atau pembelian bahan pokok dalam jumlah besar oleh masyarakat usai diumumkannya kasus pertama virus corona di Indonesia, hanya akan berlangsung satu pekan. 

"Saya kira satu minggu ya. Kalau panic buying minggu ini, minggu depan kurang," ujar Kalla, Rabu (4/3/2020). 

Baca Juga: Polda Metro: Setiap pembeli dibatasi maksimal beli lima boks masker

Menurut Kalla, kebutuhan bahan pokok tidak akan berubah meski seseorang membeli dalam jumlah banyak. Mereka hanya akan menimbun dan menggunakannya kelak saat akan dibutuhkan.  "Karena kala Anda beli beras, kebutuhannya tetap saja. Cuma membeli lebih dulu. Paniknya seminggu," kata dia. 

Sebelumnya, salah satu Pasar Swalayan di dalam Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, dipadati pengunjung yang hendak membeli kebutuhan pokok pasca-kasus pertama virus corona di Indonesia terkonfirmasi. 

Pantauan Kompas.com di lokasi, pengunjung tampak sibuk memilih kebutuhan pokok yang hendak dibeli, seperti mie instan, susu, beras, makanan ringan, sayuran, dan lainnya. 

Segala sisi supermarket tersebut terlihat dipenuhi pengunjung, seperti di bagian sayuran, dan makanan pokok. Antrean panjang di tiap kasir pun terjadi seluruh kasir dibuka untuk melayani pengunjung. 

Baca Juga: Meski ada corona, Bandara Soekarno-Hatta masih layani 200.000 penumpang per hari

"Sudah dari siang tiba-tiba ramai, biasanya hari biasa seperti ini tidak seramai ini. Pas ada pengumuman WNI kena (Virus) Corona saja tadi itu tiba-tiba ramai," kata salah satu petugas keamanan setempat, Senin (2/3). (Deti Mega Purnamasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jusuf Kalla Prediksi "Panic Buying" karena Virus Corona Hanya Sepekan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×