kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,87   8,42   0.91%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Juliari jadi tersangka KPK, Menko PMK jalankan tugas Mensos


Minggu, 06 Desember 2020 / 16:37 WIB
Juliari jadi tersangka KPK, Menko PMK jalankan tugas Mensos
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo menugaskan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk jalankan tugas Menteri Sosial sementara.

Sebelumnya Menteri Sosial Juliari Batubara telah ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Juliari dijadikan tersangka atas kasus dugaan korupsi dalam Bantuan Sosial (Bansos) di Jabodetabek.

"Untuk sementara nanti saya akan menunjuk Menko PMK untuk menjalankan tugas Mensos," ujar Jokowi dalam keterangan resmi di Istana Bogor, Minggu (6/12).

Dalam keterangannya, Jokowi menyebut menghormati proses hukum yang berlaku. Ia pun menegaskan tak akan melindungi menterinya yang terlibat dalam kasus korupsi.

Jokowi menegaskan ia percaya KPK dapat bekerja secara transparan. Kepala Negara Republik Indonesia itu menyampaikan kekecewaan terhadap menteri yang melakukan korupsi.

Baca Juga: Mensos Juliari jadi tersangka korupsi bansos Covid-19, begini tanggapan Kemensos

"Saya tidak akan melindungi yang terlibat korupsi dan kita semuanya percaya bahwa KPK bekerja secara transparan, secara terbuka, bekerja secara baik dan profesional," terang Jokowi.

Sebelumnya menurut KPK, Juliari menerima fee atas paket Bansos di Jabodetabek. Upeti yang diberikan sebesar Rp 10.000 per paket Bansos.

Dalam operasi yang dilakukan KPK, ditemukan barang bukti senilai Rp 14,5 miliar. KPK juga telah menetapkan sebanyak 5 tersangka termasuk Juliari.

Selanjutnya: Mensos Juliari diduga terima suap Rp 17 miliar, untuk keperluan pribadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×